Walikota Temukan Makanan Kadaluarsa di Carrefour & Brastagi Manhattan Mall

topmetro.news – Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi melakukan sidak dengan mendatangi dua pusat perbelanjaan modern di Kota Medan, yakni Transmart Carrefour dan Berastagi Manhattan Mall. Keduanya berlokasi di Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (4/6/2018).

Dalam sidak itu, ditemukan makanan kadaluarsa disana.

Selain untuk melihat ketersediaan bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, sidak itu dilakukan guna memastikan makanan dan minuman yang dijual tidak kadaluarsa dan layak konsumsi.

Sidak dilakukan walikota bersama Kapolresta Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kasdim 0201/BS, Asisten Ekbang Qamarul Fatah, Kadis Perdagangan Syarif Armansyah Lubis, Kadis Kesehatan Usma Polita, Kaban Ketahanan Pangan Muslim Harahap, Sekretaris Satpol PP Rahmat A Harahap, Kabag Humasy Ridho Nasution, dan sejumlah unsur OPD terkait Pemko Medan.

Dalih Barang Promosi

Dalam sidak itu, walikota menemukan ada sejumlah makanan yang sudah kadaluarsa dari kedua pusat perbelanjaan modern dimaksud. Di samping itu juga ditemukan beberapa makanan yang masa expired (kadaluarsa) tinggal beberapa hari lagi.

Menurut pihak kedua pusat perbelanjaan itu, makanan yang kadaluarsa itu merupakan barang promosi.

Atas temuan tersebut, Walikota Medan langsung menginstruksikan OPD terkait untuk terus memantau dan melakukan pengawasan secara ketat. Walikota tidak mau makanan dan minuman kadaluarsa itu sampai dibeli masyarakat karena sudah tidak layak konsumsi.

Selain memerintahkan makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, termasuk yang mendekati tanggal expired untuk ditarik, walikota selanjutnya dengan tegas minta kepada manajemen supermarket maupun mini market agar tidak menjual makanan dan minuman kadaluarsa. Begitu juga dengan makanan dan minuman yang kemasannya telah rusak.

“Apabila ada supermarket maupun mini market yang kedapatan menjual makanan dan minuman kadaluarsa tersebut, Pemko Medan langsung memberi sanksi tegas. Untuk itu saya ingatkan kepada seluruh manajemen supermarket dan mini market agar tidak mencobanya,” tegasnya.

Tidak lupa, Walikota Medan pun minta masyarakat agar memperhatikan expired makanan maupun minuman. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment