Rencananya, Bank Mandiri Ekspansi ke Filipina dan Malaysia

bank-mandiri-ekspansi

Topmetro.News – Bank Mandiri ekspansi ke Filipina. Rencana ekspansi Bank Mandiri itu manakala DPR memberi persetujuan atas RUU AFAS, yang merupakan landasan hukum bagi bank nasional untuk ekspansi ke ASEAN, Ekspansi Bank Mandiri ke Filipina sangat memungkinkan mengingat prospek dan potensi yang cukup besar.

“Kami mencoba untuk masuk ASEAN. Di Filipina, kami sudah bertemu dengan Menkeu dan Bank Sentral Filipina,” kata Kartiko Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Selasa (5//6/2018).

Kartiko Wirjoatmodjo menambahkan, ekspansi Bank Mandiri di Filipina masih memungkinkan setelah ditelusuri faktor peluang yang sangat besar mengingat industri perbankan di negara itu belum terlalu padat seperti di Indonesia.

“Filipina belum padat seperti di Indonesia. Kami berencana untuk masuk ke retail dan ‘mass-market’. Ini prosesnya dan kami coba untuk masuk,” katanya.

Bersaing dengan CIMB Niaga dan Maybank

Kartiko Wirjoatmodjo menilai Bank Mandiri juga mempertimbangkan untuk membuka kantor cabang di Malaysia, namun potensi nasabah yang ada terbatas karena harus bersaing dengan perbankan lokal seperti CIMB Niaga dan Maybank.

“Di Malaysia memang ada masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai TKI. Tapi kayaknya kalau buka disana terlalu memberanikan diri,” katanya.

Sementara Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan mengatakan UU AFAS merupakan tahapan kerja sama pembukaan akses pasar jasa keuangan ASEAN yang dapat menciptakan kemakmuran bagi Indonesia.

Unit Usaha Buka Cabang di Luar Negeri

Menurut dia, kini masih sangat sedikit perbankan nasional yang memiliki kantor cabang atau unit usaha di luar negeri karena berbagai ketentuan dan persyaratan yang dipandang menyulitkan dari negara-negara di mana perbankan nasional berminat untuk ekspansi. “Dengan dilandasi prinsip kesetaraan, disepakati sejumlah kemudahan bagi perbankan nasional untuk masuk ke negara ASEAN.” (tmn)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment