Aplikasi Nelayan Go Online Tingkatkan Kinerja Sektor Perikanan

Nelayan-Go-Online

Topmetro.News – Aplikasi Nelayan Go Online di Kabupaten Serdang Bedagai diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan hasil tangkapan nelayan di daerah itu. Ide aplikasi Nelayan Go Online terobosan baru agar nelayan tradisional lebih memahami Informasi Teknologi (IT). Selain itu lewat aplikasi Nelayan Go Online dapat meminimalisir persoalan-persoalan nelayan tradisional ke depan.

“Gagasan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai Bedagai (Sergai) dengan aplikasi Nelayan Go Online itu harus dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi,” kata Nazli, Wakil Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut di Medan, Minggu (10/6/2018).

Ide aplikasi Nelayan Go Online, menurut dia, terobosan baru memperkenalkan kepada nelayan tradisional tentang Teknologi Informasi (IT).

“Nelayan, saat ini harus dapat mengetahui kemajuan IT, sehingga mereka dengan mudah menguasai perkembangan di bidang perikanan,” ujar Nazli.

Dia mengatakan, Nelayan Go Online, juga bertujuan menyukseskan dan memperlancar kinerja sektor perikanan di daerah Kabupaten Sergai. ”Apa yang dilakukan nelayan tradisional di Kabupaten Sergai itu, perlu juga diikuti nelayan lainnya di Sumatera Utara. Ini untuk kepentingan dan kebaikan nelayan dan harus dipikirkan,” ucapnya.

Nelayan Go Online Agar Nelayan Tahu Soal Dunia Internet

Nazli menambahkan, meskipun para nelayan kecil itu, sehari-harinya bekerja menangkap ikan laut. Namun, mereka juga perlu diperkenalkan secara luas mengenai dunia online atau “dunia maya”.

Apalagi, melalui jaringan internet ini, para nelayan dapat mengetahui dengan mudah lokasi dimana terdapat ikan yang paling banyak.

“Kemudian, mengetahui aktivitas penangkapan ikan para nelayan yang menggunakan penangkapan ikan tidak ramah lingkungan dan pencurian ikan (Ilegal Fishing) nelayan asing di perairan Indonesia,” katanya.

Nelayan Go Online Tingkatkan Kinerja Sektor Perikanan

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai mengimplementasikan aplikasi Nelayan Go Online yang diharapkan dapat menunjang penghasilan nelayan serta kinerja sektor perikanan.

Hal itu, merupakan salah satu program ekonomi kerakyatan berbasis digital di sektor nelayan. Tujuannya diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan di sektor perikanan dengan penggunaan teknologi informasi dan memfasilitasi pengembangan aplikasi yang tepat untuk menunjang pengusahaan nelayan serta kinerja sektor perikanan.

Sekadar diketahui, Kabupaten Serdangbedagai terdiri dari 17 kecamatan dengan luas wilayah keseluruhan lebih kurang 900,22 Kilometer (Km) persegi dengan panjang garis pantai lebih kurang 55 Km yang memiliki potensi pada sektor kelautan dan perikanan.

Di sektor perikanan tangkap di lima kecamatan yaitu Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin dan Bandar Khalifah dengan jumlah nelayan sebanyak 12.854 jiwa. ”Tahun 2016 produksi perikanan tangkap di Serdang Bedagai mencapai 25.567 ton,” katanya. (*)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment