Garuda Pecah Ban, Penerbangan di Kualanamu Sempat Terganggu

garuda-petcah-ban

Topmetro.News – Penerbangan di Kualanamu sempat terganggu. Pasalnya pesawat Garuda pecah ban. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 190 itu mengalami pecah ban sebelah kiri saat mendarat di Run Way 05 Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) Senin (11/6/2018). Beruntung, pilot pesawat Hilman Rumadinata, 7 kru dan 162 penumpang dilaporkan selamat.

Abdi Negoro, Duty Manajer Bandara Kualanamu kepada wartawan membenarkan adanya insiden Garuda pecah ban itu.

“Memang sewaktu kejadian sempat ada gangguan sekitar 30 menit. Ada pesawat yang harus Return to base (RTB), serta ada berputar-putar di udara karena tidak bisa mendarat akibat peristiwa itu,” jelas Abdi Negoro.

Garuda Pecah Ban, 10 Penerbangan Ikut Terganggu

Abdi Negoro menjabarkan, setelah dilakukan pembersihan serpihan ban pesawat yang pecah, pesawat lain bisa mendarat dengan selamat. “Sekitar 10 penerbangan sempat terganggu dan dua pesawat RTB,” jelasnya.

Kini pesawat sudah di-grounded di taxi way Bandara Kualanamu menunggu pemeriksaan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Sedangkan calon penumpang tujuan Jakarta terpaksa dialihkan ke pesawat Garuda Indonesia lainnya dengan nomor penerbangan GA 195.

Sementara Hengki Heriandono, VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengatakan penerbangan GA 190 Rute Jakarta-Medan mengalami pecah ban belakang sebelah kiri di landasan Bandara Kualanamu sesaat setelah mendarat dengan normal pada pukul 17.30 WIB.

Selanjutnya, pesawat berhenti di taxi way dan petugas ground handling melakukan proses penurunan penumpang dengan menggunakan tangga. Adapun seluruh penumpang diturunkan dalam keadaan selamat dan tanpa kendala apa pun.

Insiden Garuda Pecah Ban Diinvestigasi

Garuda Indonesia bersama seluruh pemangku kepentingan terkait di Bandara Internasional Kualanamu Medan sedang investigasi lebih lanjut perihal penyebab pecah ban tersebut.

Penerbangan GA 190 Rute Jakarta-Medan yang dioperasikan dengan menggunakan armada B737-800 PK-GFT membawa 162 penumpang yang terdiri dari 12 penumpang bisnis dan 150 ekonomi yang diberangkatkan dari Jakarta pukul 15.05 WIB.(tmn)

sumber: spiritriau

Related posts

Leave a Comment