You are here
Usai Pantau Hilal, Gubsu Ucapkan Selamat Idulfitri Info Metro 

Usai Pantau Hilal, Gubsu Ucapkan Selamat Idulfitri

topmetro.news – Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menyampaikan Selamat Hari Raya Idulfitri kepada Umat Muslim. Hal itu disampaikannya usai melakukan pengamatan atau rukyatul hilal, Kamis malam (14/6/2018).

Sebagaimana diketahui, meskipun pantauan hilal di Kota Medan tertutup awan tebal, namun berdasarkan perhitungan dan hasil pengamatan di daerah lain di Indonesia Timur, 1 Syawal 1439 Hijriah telah ditetapkan mulai Kamis (14/6/2018) malam. Sehingga Gubsu HT Erry Nuradi MSi pun menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

“Tadi di beberapa tempat di daerah lain (Indonesia Timur), sudah kelihatan seperti di Sulawesi. Karena kita di daerah (bagian) barat ini, agak lama. Sehingga kalau kita sekarang masih pantauan, mereka sudah masuk waktu maghrib,” ujar Gubsu Erry Nuradi usai memimpin rukyatul hilal di Anjungan Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Hadir mendampingi Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH, Sekdaprov Sumut Dr Hj R Sabrina, serta Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus. Hadir juga Dr Arso dari Kanwil Kemenag Sumut serta perwakilan BMKG Wilayah 1 Medan, Edison.

Setelah Matahari Terbenam

Dikatakan Gubsu Erry, bahwa hitungan 1 Syawal atau tanggal 1 setiap bulannya dalam penanggalan Tahun Hijriah, dimulai dari setelah terbenamnya matahari. Sehingga setelah Sholat Maghrib, Umat Muslim sudah mengumandangkan takbir pertanda masuknya momentum Idul Fitri.

“Karena itu kita lakukan pemantauan hilal sebelum Maghrib. Karena setelah itu, kita akan memasuki 1 Syawal,” sebutnya.

Sementara perwakilan BMKG Wilayah 1 Medan, Edison menyampaikan bahwa meskipun kondisi pantauan tertutup awan tebal, namun dengan aplikasi stellarium posisi antara matahari dan bulan bisa terlihat jelas. Sedangkan, hasil observasi mereka, umur bulan sudah berkisar 15,52 jam sejak ijtima’ malam (dini) hari sebelumnya.

“Sehingga tinggi hilal diperkirakan sudah mencapai 7 derajat. Dan sudah memenuhi syarat, dimana taqwin standar MABIMS (Kementerian Agama di Negara Asean) yang baru, tinggi hilal itu 3 derajat,” sebutnya.

Dengan hasil pengamatan dan perhitungan yang dilakukan, Umat Muslim di Indonesia pun melaksanakan Sholat Ied pada Jumat (15/6/2018) pagi. Meskipun sebagian kelompok ada yang sudah merayakan Idul Fitri pada Kamis (14/6/2018). (TM-ERRIS)

103 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment