Ini 5 Fakta Menarik Tentang Piala Dunia 2018

piala dunia 2018

topmetro.news – Kick off pertama Piala Dunia 2018 sudah berlangsung. Perhelatan akbar yang telah diselenggarakan sebanyak 20 kali dalam sejarah ini sudah digelar sejak 14 Juni 2018 dan berakhir 15 Juli 2018 cmendatang di Rusia. Ada 32 negara yang sudah siap bertarung untuk memperebutkan trofi bergengsi, Jules Rimet, tahun ini.

Di samping itu, tersimpan banyak fakta menarik seiring berjalannya kemeriahan menyambut pertandingan yang dilakukan empat tahun sekali ini. Bagi para pencinta sepak bola, lima fakta menarik Piala Dunia 2018 berikut perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan saat menontonnya.

1. Rusia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

Rusia berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya sekaligus menjadi satu-satunya negara di Eropa Timur yang menyelenggarakan Piala Dunia. Rusia terpilih usai memenangkan voting dari Inggris, Portugal – Spanyol, serta Belanda – Belgia yang turut mengajukan pencalonan sebagai penyelenggara Piala Dunia 2018.

2. Dua Timnas Pendatang Baru di Piala Dunia 2018

Pertama kali pula dalam sejarah, Timnas Islandia dan Panama sukses masuk ajang Piala Dunia 2018. Menariknya, Islandia juga menjadi negara dengan populasi terkecil yang mampu debut di Piala Dunia. Tim kuda hitam Eropa ini lolos setelah mengalahkan Kosovo dalam pertandingan kualifikasi Grup I.

Sementara itu, Panama berhasil masuk Piala Dunia 2018 usai berhasil menempati peringkat ketiga kualifikasi zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia). Kemenangan tersebut disambut meriah oleh Presiden Panama, Juan Carlos Va­rela, yang menjadikan hari kemenangan Timnas Panama sebagai hari libur nasional dan menetapkan para pemainnya sebagai pahlawan nasional.

3. Absennya Sejumlah Timnas Besar di Piala Dunia 2018

Euforia yang dirasakan Islandia dan Panama, sayangnya tak bisa dirasakan kembali oleh beberapa negara unggulan yang gagal tampil di Rusia. Dari zona Eropa, timnas Italia, Belanda, dan Wales harus mengubur impiannya untuk merumput di Piala Dunia 2018.

Nasib tak mujur juga dialami timnas Chile dari zona Amerika Latin atau CONMEBOL dan Amerika Serikat dari zona CONCACAF. Dua timnas tersebut gagal lolos dalam seleksi Piala Dunia 2018 dan harus menunggu empat tahun ke depan untuk dapat tampil di ajang bergensi dunia ini.

4. Bola yang Digunakan Lebih Modern

Sesuai tradisi, Piala Dunia selalu menggunakan bola khusus dengan desain dan teknologi terkini. Untuk Piala Dunia 2018, bola resmi yang akan digunakan adalah Adidas Telstar 18. Bola versi modifikasi Adidas Telstar yang dipakai pada Piala Dunia 1970 ini dikemas lebih modern dengan motif gradasi abu-abu.

Tak tanggung-tanggung, Telstar 18 juga dibekali pembaruan teknologi terkini dengan disematkan semacam chip NFC (Near Field Communication) pada bagian dalam bola. Dengan keunggulan tersebut, Telstar 18 menawarkan pengalaman seru kepada para penonton untuk merasakan sensasi bola di lapangan melalui smartphone.

5. Indonesia ikut andil dalam Piala Dunia 2018

Meskipun Timnas Indonesia tak ikut berlaga dalam Piala Dunia 2018, bukan berarti Indonesia tidak turut serta dalam merayakan perhelatan akbar ini. Salah satu perusahaan online travel agent (OTA) di Indonesia, Traveloka, menjadi sponsor resmi Piala Dunia 2018 bekerja sama dengan Futbal Momentum Asia (FMA).

Sejumlah program menarik pun telah disiapkan untuk pencinta bola. Mulai dari menyediakan kebutuhan perjalanan ke Rusia, hingga mengadakan nonton piala dunia bersama di berbagai mitra hotel Traveloka seluruh Indonesia. Bahkan, Traveloka menyediakan merchandise resmi serta memberangkatkan tiga pemenang Undian Pesta Poin Traveloka untuk terbang ke Rusia dan menonton langsung Piala Dunia FIFA 2018.

Itulah 5 fakta menarik yang perlu kamu ketahui seputar Piala Dunia 2018. Keseruan Piala Dunia akan lebih asyik jika kamu nikmati dengan menonton pertandingan tim favorit bersama teman-teman dan keluarga di beberapa hotel yang menyediakan Layar Bola Traveloka. Selamat menonton bersama! (TM-RED)

sumber: detik.com

Related posts

Leave a Comment