Ini Fotonya..!!! Bangkai KM Sinar Bangun Ditemukan Utuh di Dasar Danau Toba

Topmetro.News – Teka-teki keberadaan bangkai KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba terkuak. Setelah pencarian selama sepekan, tim Sar Gabungan berhasil menemukan bangkai KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba, Senin (25/6/2018).

Penemuan bangka kapal yang ikut menyeret ratusan penumpangnya itu ditemukan tim survey Basarnas dan Mahakarya Geo Survey-IAITB. Pencarian bangkai kapal maut itu dipimpin Menteri Sosial Idrus Marham.

Bangkai KM Sinar Bangun Sudah Diidentifikasi

Tim SAR gabungan mengonfirmasi, penemuan bangkai KM Sinar Bangun bahkan telah identifikasi.

Menurut tim SAR gabungan, bangkai KM Sinar Bangun yang nahas itu ditemukan di koordinat 2 deg 47’ 3.835 N 98 deg 46’ 10.767 E dengan kedalaman 450 meter.

“Selanjutnya kami serahkan hasil ini kepada pihak berwenang untuk langkah-langkah strategis berikutnya,” sebut isi konfirmasi itu.

Namun, dengan kedalaman itu, tim ‘Hydrography untuk Negeri’ mengusulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 semi work class.

“Untuk membantu proses pengangkatan kapal yang diperkirakan banyak korban masih terperangkap di dalam badan kapal,” jelasnya.

Atas penemuan ini, pihaknya berterimakasih kepada masyarakat atas doa dan dukungan dalam upaya pemetaan Hydrography.

Penampakan Bangkai KM Sinar Bangun

Dari foto penampakan bangkai kapal, terlihat ada sejumlah kerusakan, utamanya pada bagian samping atas. Selain itu, tak terlihat kerusakan yang cukup parah di bagian lain. Kapal juga masih masih terlihat utuh dengan lengkap, terpal penutup pada dek atas terlihat jelas.

Sementara sejumlah lampu di bagian depan kapal juga tak mengalami kerusakan, alias utuh. Posisi kapal di dasar danau sendiri terlihat sedikit miring ke kiri.

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba Senin (18/6/2018) pekan lalu. Polisi telah menetapkan 4 orang tersangka yang dianggap lalai dalam peristiwa nahas KM Sinar Bangun tenggelam itu.

baca juga: https://topmetro.news/resmi-km-sinar-bangun-tenggelam-4-orang-jadi-tersangka-nih-daftarnya/

Penetapan status ke 4 orang tersangka itu diumumkan Kapoldasu, Irjen Paulus Waterpauw.

sumber: pojoksatu

Related posts

Leave a Comment