Hubungan Merkel dan Trump Terkesan “Canggung”

TOPMETRO.NEWS – Sikap Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang enggan berjabat tangan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel jadi sorotan media Jerman. Seperti diketahui, dalam konferensi pers di hadapan awak media, Sabtu (18/3/2017), Trump tak mau menjabat tangan Merkel, bahkan ketika diminta para jurnalis foto.

Media Jerman Bild memasang sebuah foto yang memperlihatakan kedua pemimpin negara itu duduk berdampingan seperti dilansir dari suara.com, namun terlihat canggung. Bild juga menyoroti betapa tak lumrahnya, seorang pemimpin negara seperti Merkel duduk di samping putri Trump, Ivanka, yang notabene tak memiliki peran apapun dalam pemerintahan.

Bertemu untuk pertama kalinya sejak Trump menjabat presiden AS, Merkel dan Trump terlihat akrab. Trump menyambut Merkel dengan hangat di Sayap Barat Gedung Putih.

Namun, pertemuan itu berubah menjadi dingin. Trump menolak berjabat tangan dengan Merkel di Ruang Oval. Ia juga secara terbuka berseberangan pendapat dengan Merkel hampir dalam semua isu internasional.

Majalah mingguan Jerman Der Spiegel juga mengangkat tema serupa. “Merkel dan Trump tidak akur”, demikian mereka menggambarkan kecanggungan diantara keduanya.

“Ada dua politisi yang bisa saja kian berseberangan,” tambah Der Spiegel.

“Donald Trump adalah politisi kemaren sore yang hanya memikirkan dirinya sendiri,” tulis Der Spiegel dalam artikelnya.

Untuk perbandingan, Der Spiegel menyebut Merkel adalah salah satu pemimpin paling berpengalaman di dunia, seseorang yang disebut-sebut sebagai pejuang terakhir demokrasi dan nilai-nilai Barat.

Sejumlah surat kabar lain menyoroti sikap Merkel dari sisi lain. Ia sadar, banyak warga Jerman yang tak suka Trump. Oleh karena itu, menjelang pemilihan umum di mana ia akan kembali terjun, ia sepertinya tidak ingin terlihat terlalu hangat kepada kompatriotnya itu.

“Mayoritas publik Jerman tidak terlalu “sreg” dengan Trump,” tulis surat kabar Suddeutsche Zeitung. “Banyak orang yang akan mengawasi bagaimana Merkel membawa diri”(TMN).

Related posts

Leave a Comment