You are here
Walau Kalah Jepang Wakil Asia di Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 Olahraga 

Walau Kalah Jepang Wakil Asia di Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

topmetro.news – Walau mengalami kekalahan atas Polandia dengan skor 0-1. Timnas Jepang tetap mewaliki Benua Asia tampil dibabak 16 besar Piala Dunia 2018. Melakoni laga pemungkas di penyisihan grup H berlangsung, pada (28/06/2018) di Volvograd Arena, timnas Jepang tetap memberikan perlawanan terhadap Polandia.

Meski gagal mendulang poin, Jepang yang mengantongi empat poin dari dua pertandingan sebelumnya finis di posisi dua klasemen akhir Grup H menyusul kekalahan 0-1 yang diderita Senegal saat menghadapi Kolombia di laga pamungkas.

Seperti halnya Jepang, Senegal mengantongi poin sama yaitu empat, juga dari segi selisih dan produktivitas gol. Akan tetapi dari aspek fair play, yang dihitung dari koleksi kartu kuning, Jepang sejauh ini baru mengantongi 4 sementara Senegal 6. Artinya, Jepang akan mewakili Asia di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Blunder pemain Jepang mengawali jalannya laga di Volgograd Arena. Shibasaki salah melepaskan umpan dan membuka ruang bagi Polandia untuk melancarkan serangan. Beruntung bagi Samurai Biru, umpan silan Zielinski kepada Lewandowski kurang sempurna.

Memasuki menit ke-11 kerjasama Muto dan Nagatomo membuka kans bagi Jepang. Sayang, Okazaki yang dituju gagal memanfaatkan umpan terukur Nagatomo. Tandukkannya masih melebar di sisi gawang Fabianski.

Dua menit berselang, Jepang kembali menebar ancaman. Kali ini lewat tendangan keras Muto dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Polandia, bola masih mampu dimentahkan oleh Fabianski.

Polandia yang seakan gagal mendapat ritme, kembali mendapat serangan bertubi-tubi. Gotoku Sakai nyaris saja mengubah papan skor ketika berhasil menusuk ke jantung pertahanan Polandia. Sayangnya, sepakan kaki kiri pemain itu terlampau lemah dan dengan mudah si kulit bundar diamankan Fabianski.

Polandia berulang kali mencoba berbalik menyerang. Namun hingga pertengahan babak pertama tidak satupun dukungan yang didapat Lewandowski selaku juru gedor.

Memasuki menit 32, penetrasi yang dilakukan Jepang akhirnya berbuah peluang bagi Polandia. Sayangnya, bola hasil tandukkan Grosicki berhasil ditepis penjaga gawang Jepang, Eiji Kawashima, tepat di garis gawang. Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Babak Kedua

Di babak kedua, Polandia mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Lewandowski yang lepas dari kawalan nyaris mengubah kedudukan seandainya Kawashima tak bergegas keluar dari sarangnya untuk mengamankan si kulit bundar.

Memasuki menit 59, papan skor akhirnya berubah. Menyambar bola tendangan bebas Kurzawa, Bendnarek berhasil menundukkan Kawashima dan mengubah skor menjadi 0-1.

Gol tersebut membuat pelatih Jepang Akira Nishino langsung melakukan perubahan taktik. Takeshi Inui yang tampil impresif saat bermain imbang dengan Senegal di pertandingan kedua, dimasukkan menggantikan Usami. Namun hingga pertengahan babak kedua, perubahan tersebut belum membuahkan hasil.

Justru di menit 74 gawang Jepang nyaris kebobolan yang kedua kali. Beruntung bagi Samurai Biru, bola yang ditendang Lewandowski masih melambung di atas mistar gawang.

Di menit 81 gawang Jepang kembali terancam. Makino nyaris saja membobol gawang sendiri ketika menghalau bola sepakan Grosicki. Beruntung Kawashima dengan sigap menepis bola.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 0-1 untuk keunggulan Polandia tetap bertahan. Akan tetapi kemenangan ini tidak mampu mengeluarkan Polandia dari posisi juru kunci Grup H, karena Polandia sebelumnya mengalami dua kali kekalahan pertandingan, dan tersingkir di Piala Dunia 2018 ini. (TMN-YOFE)

127 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment