You are here
Korban tewas KM Lestari Tenggelam di Selayar 29 Orang Nasional 

Korban tewas KM Lestari Tenggelam di Selayar 29 Orang

topmetro.news – Korban meninggal KM Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018), bertambah. Saat ini terdata ada 29 orang yang tewas dalam peristiwa tersebut.

“Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bulukumba dan Provinsi Sulawesi Selatan hingga Selasa malam sekitar pukul 01.54 Wita, jumlah korban tewas akibat kandasnya KM Lestari Maju bertambah menjadi 29 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dari Mamuju, Rabu dinihari.

41 Orang Masih Dicari

Sementara itu, lanjutnya, sebanyak 71 penumpang berhasil selamat atas peristiwa itu dan 41 orang masih dalam pencarian.

Ia menyatakan, sebagian penumpang masih bertahan di atas kapal karena kondisi cuaca dan gelombang yang tinggi. “Saat ini, proses evakuasi masih terus berlangsung,” ucapnya.

Berdasarkan data manifes, KM Lestari Maju mengangkut penumpang 139 orang dan 48 unit kendaraan yang terdiri atas 18 unit roda dua, 14 unit roda 4, 8 unit golongan V dan 8 unit golongan VI.

Alami Kebocoran dan Dikandaskan

Sebelumnya, kapal motor KM Lestari Maju yang ditaksir mengangkut ratusan penumpang dikabarkan tenggelam di Perairan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018), sekitar pukul 14.00 Wita.

KM Lestari Maju yang kesehariannya dimanfaatkan warga untuk menyeberang dari Kepulauan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju ke Pulau Pammatata, Kabupaten Kepulauan Selayar itu tiba-tiba mengalami kebocoran di tengah perjalanan. Lokasinya tak jauh dari Kepulauan Bira, Kabupaten Bulukumba.

“Kapal motor yang dikabarkan tenggelam tersebut merupakan kapal penumpang bernama KM Lestari Maju,” kata Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsu Ridwan via pesan singkat.

Berdasarkan dokumentasi yang tersebar, para penumpang terlihat mengapung di lautan dengan menggunakan jaket pelampung. Bahkan ada video beredar, saat para penumpang sedang mengenakan pelampung. Sementara, sejumlah kendaraan terjun ke laut sesaat kapal karam.

Mobil Berisi Uang Rp30 Miliar

Karamnya Feri KM Lestari Maju ternyata memuat duit tunai Bank Sulselbar senilai Rp30 miliar. Duit itu tersimpan dalam sebuah mobil box dan seyogyanya untuk gaji ke 13 dan Bulan Juli ASN. Selain itu ada Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Kabupaten Selayar.

Menurut Kepala Divisi Treasury Bank Sulselbar Irmayanti Sulthan, uang sebanyak itu dikirim dari Kantor Pusat Bank Sulselbar ke Kantor Kas Bank Sulselbar di Selayar.

“Itu dana Bank Sulselbar. Untuk dana pembayaran kepada ASN di Selayar, nilainya Rp30 miliar dan semuanya diasuransikan,” jelas Irmayanti.

Menurut Irmayanti, pengiriman uang itu dikawal lima orang, dari kepolisian, sekuriti, sopir dan seorang staf Bank Sulselbar. Dari informasi terakhir, empat orang sudah dievakuasi. Sementara seorang lainnya masih terjebak di tubuh kapal yang dikandaskan di perairan dangkal.

“Empat orang sudah selamat. Sementara sopir masih ada di bibir kapal. Kami sudah koordinasi dengan polisi laut untuk menjemput sopir tersebut,” jelasnya. (TM-RED)

berbagai sumber

90 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment