Tenaga Kerja Asing di Sumut Didominasi Dari China

tenaga kerja asing

topmetro.news – Jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang berada di Sumatera Utara mencapai 265 orang. TKA ini didominasi oleh warga China yang berjumlah 142 orang.

Sedangkan jumlah TKA dari Malaysia sebanyak 54 orang, Korea Selatan 19 orang, Filiphina 18 orang, dan warga negara India 13 orang.

Selain itu ada juga tenaga kerja asing yang berasal dari negara Jepang sebanyak 7 orang, Singapura 3 orang, Australia 4 orang, Thailand 2 orang, Amerika Serikat 1 orang, dan dari Sri Lanka 2 orang.

“Tenaga asing dari China 142 orang,” ucap Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Icon Siregar kepada wartawan, pada Jumat (6/7/2018).

Icon menambahkan, tenaga kerja asing yang didominasi asal China itu tersebar di 70 perusahaan yang ada di Sumatera Utara.

“Rata-rata, satu perusahaan mempekerjakan 2 TKA asal China dana pada umumnya kerja di proyek nasional juga perusahaan industri,” ungkapnya.

Sedangkan untuk data perlintasan warga negara asing yang masuk ke Sumatera Utara selama Januari hingga Juni 2018, tercatat dari Malaysia sebanyak 80.883 orang, Singapura sebanyak 11.818 orang, China sebanayk 3.858 orang kemudian disusul oleh Australia, Jerman, Thailand, USA, India, Inggris dan India.

“Ternyata yang banyak masuk ke Sumut itu juga dari Malaysia, bukan dari China,” sebut Icon.

Para warga negara asing yang masuk ke Sumatera Utara itu menurut Icon, diperiksa secara ketat mulai dari masuk hingga keluar dari Sumut.

“Aplikasinya ada. Kita pantau ditempat-tempat masuk seperti Kualanamu kalau dari Udara dan Teluk Nibung kalau dari laut,” rincinya.

Icon juga menjelaskan sepanjang 2018 ini, Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumut telah mendeportasi sebanyak 210 orang warga negara asing. Rincianya 202 orang melanggar administrasi keimigrasian dan 8 orang melanggar pro justitia.

“8 orang itu berasal dari Nepal, Thailand dan India,” pungkas Icon.(TM/10)

Related posts

Leave a Comment