Ribuan Batang Kayu Berbagai Jenis Diamankan Aparat di Jambi

TOPMETRO.NEWS – Hingga saat ini aksi pembalakan liar di Jambi kembali terjadi. Kali ini terjadi di Desa Puding, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Jambi. Ribuan batang kayu aneka jenis ini berhasil diamankan tim Intel Korem/042 Garuda Putih Jambi  di kawasan PT Pesona Belantara, bekerja sama dengan tim Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Seperti dilansir sindonews.com, menurut Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal, terungkapnya temuan ratusan kubik kayu ilegal ini bermula dari informasi pemilik Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT Pesona Belantara dan dari masyarakat sekitar yang mencurigakan atas adanya aksi pembalakan liar yang sudah berlangsung sejak bulan lalu.

Selanjutnya, mereka melaporkan ke petugas korem. Bersama petugas gabungan, yakni tim Kejati Jambi dan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi melakukan penyelidikan di kawasan tersebut.

Jarak yang jauh, aliran sungai yang meluap dibeberapa titik menuju area TKP tidak membuat petugas surut. Saat petugas melakukan penggrebekan, sejumlah pelaku pembalakan liar berhasil kabur melarikan diri ke kawasan hutan.

Petugas yang memeriksa area TKP menemukan ribuan batangan kayu berbagai jenis terhampar ditepi parit. Tidak itu saja, ratusan kayu siap jual terlihat akan dihanyutkan melalui parit selebar dua meter tersebut.

“Setelah dicek dan dihitung teliti petugas, terdapat sekitar 3.491 batang kayu aneka jenis, seperti kayu meranti, kumpeh, meranti merah, balam,” ujar Refrizal Minggu (19/3) dengan nada kesal tidak menyangka masih ada aksi pembalakan liar di Jambi.

Dalam aksinya, para pelaku sudah mempersiapkan diri, pasalnya ada enam pondok ditemukan di lokasi. Di antaranya, empat untuk kegiatan menggergaji kayu, dan dua pondok panggung dari kayu untuk kegiatan istirahat, makan dan tidur pelaku.

Rencananya ribuan barang bukti ribuan batang kayu ini akan dikoordinasikan dengan pihak Dinas Kehutanan Provinsi Jambi agar bisa ditindaklanjuti.

Bastari Kabid Konservasi Sumber Daya Alam Dinas Kehutanan Provinsi Jambi mengatakan, ini adalah operasi rutin bersama antara pihak TNI dan Dishut. “Dan ini adalah kejadian kedua setelah tahun 2015 lalu dan berhasil mengamankan tujuh tersangka dari lokasi yang tidak jauh dari sebelumnya yakni dari warga Lampung,” ujarnya.

Bastari juga menambahkan, yang melakukan aksi ini selalu oknum masyarakat pendatang dan selalu beroperasi di kawasan HPH PT Pesona Belantara.

Dari hitungan sementara petugas, ditaksir barang bukti ribuan batang kayu tersebut, sekitar 120 hingga 150 kubik dengan ukuran jenis balok, seperti 6.12, 12.12, 10.10, dan 8.12.

Tidak itu saja, petugas juga menyita  enam unit sepeda rakitan untuk sarana mengangkut kayu yang sudah digergaji di darat untuk kemudian dialirkan ke sungai.(TMN)

Related posts

Leave a Comment