Juara Umum Popdasu Target Utama Kontingen Kota Medan

kontingen kota medan

topmetro.news – Sebanyak 130 atlet kota Medan dipastikan akan berlaga menuju perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (Popdasu) 2018 di Padang Sidempuan yang dimulai besok, pada Senin (21/07/2018) hingga 28 Juli mendatang. Juara umum Popdasu menjadi target utama kontingen Kota Medan.

Penglepasan atlet tersebut dipimpin langsung oleh Kadispora Medan, Marah Husein Lubis di Kantor Dispora Medan, pada Jumat (20/7/2018) kemarin pagi.

Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin dalam sambutannya yang dibacakan Kadispora Medan Marah Husein Lubis, berharap agar atlet-atlet kota Medan bisa membawa harum nama daerahnya, kembali tampil sebagai juara umum pada ajang multi event dua tahunan itu.

“Pada Popdasu tahun ini ada 8 cabor yang dipertandingkan, diantaranya atletik, bulu tangkis, voli, gulat, renang, pencak silat, tenis meja, dan sepak takraw. Tahun ini kita kirim 130 atlet dari Medan. Saya berharap, atlet-atlet kita mendapatkan medali dalam setiap cabor yang diperlombakan tersebut,” jelas Marah Husein.

Demi mewujudkan target pertahankan juara umum, Marah Husein menilai jika peluang besar untuk meraup banyak medali ada di sejumlah cabor. Diantaranya renang, gulat, bulu tangkis dan tenis meja.

“Kita akui lawan terberat untuk menjadi juara umum perhelatan ini itu perlawanan dari Deli Serdang dan Karo. Mungkin daerah lain di beberapa cabor saja unggul. Tapi dua ini yang paling kita antisipasi,” tegasnya.

Persiapkan Fisik dan Mental Atlet

Sementara itu, Sekretaris Dispora Kota Medan, Drs A’zam Nasution MAP berpesan kepada seluruh atlet agar mempersiapkan fisik dan mental dengan baik. Azam optimis para atlet bisa mewujudkan target menjadi juara umum di semua cabang olahraga.

“Kepada seluruh pelajar persiapkan fisik dan mental agar dapat bertanding secara maksimal. Popdasu merupakan proses pembinaan atlet yang dapat diandalkan untuk membawa nama harum Kota Medan. Bibit atlet yang handal, mengembalikan Medan sebagai gudangnya atlet berpretasi,” pungkasnya.

Sementara pegulat putri Kota Medan, Stefani Matondang yang turun di kelas 49 kg gaya bebas, targetkan medali emas. Peraih medali perunggu di Popdasu 2016 silam ini menilai, Kabupaten Karo dinilai lawan berat tahun ini.

“Saingan pasti ada, tapi harus fight siapapun lawannya. Seperti Lopelita dari Karo. Kalau persiapan juga sudah cukup saya rasa. Tinggal kelincahannya saja,” ucapnya.

Pada Popdasu 2016, kontingen Kota Medan tampil sebagai juara umum usai mengumpulkan 30 emas, 24 perak, 14 perunggu. Diikuti Karo dengan 16 emas, 2 perak, 13 perunggu. Juara ketiga Deliserdang dengan 6 emas, 8 perak, 11 perunggu.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment