Infrastruktur Asian Games Hampir Rampung

asian games 2018

topmetro.news – Diperkirakan, seluruh pengerjaan infrastruktur Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang, sudah rampung pada tanggal 31 Juli 2018. Hal ini disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera).

Direncanakan, semua akan diresmikan Presiden Jokowi pada awal Agustus 2018. Untuk itu, Menteri Kempupera Basuki Hadimuljono akan segera melaporkan perkembangan terakhir persiapan infrastruktur baik venue maupun non-venue dimaksud kepada Presiden.

“Di Kompleks Gelora Bung Karno, semua sudah selesai. Termasuk yang terakhir venue squash juga sudah selesai dan sudah saya coba. Cofftea house dan gedung parkir A dan B juga sudah selesai,” kata Menteri Basuki saat meninjau progres pembangunan pekerjaan di Komplek Gelora Bung Karno dan trotoar di Jalan Sudirman, Jakarta.

Mengenai progres persiapan infrastruktur Asian Games ke 18, dikatakan Menteri Basuki, sudah mencapai 99 persen. Yang masih dalam tahap pengerjaan adalah pembangunan couldron yang ditargetkan selesai 25 Juli 2018. Demikian juga penataan trotoar Jalan Sudirman, masih tahap perampungan.

Diyakininya, pada tanggal 31 Juli 2018, seluruh pekerjaan infrastruktur Asian Games 2018 sudah tuntas. “Kemudian saya akan lapor kepada Presiden Joko Widodo agar dapat diresmikan seluruhnya termasuk patung Bung Karno, venue jetski dan layar di Ancol pada awal Agustus 2018,” ucap Menteri Basuki.

Berbiaya Rp3,7 Triliun

Basuki yang juga Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games ke-18 ini melakukan peninjauan mulai couldron atau bangunan obor api. Selanjutnya menuju cofftea house, gedung parkir, venue squash, dan penataan trotoar Jalan Sudirman.

Di cofftea house, menteri mengecek kualitas bangunan dan lanskap sekitarnya. Basuki juga meninjau dua gedung parkir, yang masing-masing empat lantai dengan kapasitas total 1.000 kendaraan. Gedung ini dilengkapi ‘solar panel’ berkapasitas total satu megawatt. Lalu di Gedung Parkir A, dia minta dibuatkan ruang istirahat supir.

Selanjutnya, Menteri Basuki mengecek empat kubikal di venue squash, yang akan menjadi arena pertandingan. Dia bahkan sempat mencoba arena itu dengan bermain squash bersama Dirjen Cipta Karya Danis H Sumadilaga.

Sebagaimana diketahui, pembangunan dan renovasi venue/bangunan pendukung Asian Games 2018 di Kompleks GBK dilakukan Kempupera sejak 2016. Total anggaran yang diginakan mencapai Rp3,7 triliun. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment