Go-Jek Bantu UKM, 442.000 Pengusaha Diberdayakan

go-jek bantu ukm

Topmetro.News – Go-Jek bantu UKM (Usaha Kecil menengah). Setidaknya ada 442.000 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia diberdayakan lewat program ekosistem Go-Jek. Selain Go-Jek bantu UKM, keberadaan Go-Jek cukup strategis dan positif menumbuhkan perekonomian di tanah air.

“Dengan teknologi Go-Jek, pelaku UMKM memperluas akses ke pasar dan menjangkau lebih dari 96 juta konsumen yang telah mengunduh aplikasi Go-Jek. Tahun ini, Go-Jek berkomitmen akan terus meningkatkan pemberdayaan UMKM di Indonesia melalui teknologi yang kita punya,” kata Nila Marita, Chief Corporate Affairs Go-Jek di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Go-Jek Bantu UKM, Bisa Bersaing dengan Modal Kecil

Menurut dia, kemudahan dan keterbukaan platform Go-food, UMKM dengan omzet di bawah Rp 1 juta hingga lebih dari Rp 15 juta dapat bersaing dengan perusahaan besar dengan modal yang relatif kecil.

Nila menjelaskan, UMKM ini dapat beroperasi secara efisien. Soalnya mereka dapat memanfaatkan ekosistem Go-jek guna mengurangi biaya operasional.

Selain itu, sambungnya, mereka dapat memperluas pasar tanpa harus mengeluarkan biaya investasi besar-besaran seperti membuat website. Saat ini, urai Nila Marita, di ekosistem Go-jek terdapat 442.000 UMKM yang didukung Go-food, Go-send dan Go-pay.

“Menjadi mitra Go-Jek, UMKM dapat dengan mudah dijangkau lewat aplikasi Go-Jek di seluruh Indonesia. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya investasi besar untuk perluasan pasar. Lewat Go-send, UMKM bisa melayani pengiriman sampai ke depan pintu rumah konsumen tanpa harus mengeluarkan biaya besar membeli kendaraan pengantar.”

Menurutnya pula, lewat platform Go-food, pengusaha kecil tidak lagi membutuhkan kemampuan khusus atau dana lebih untuk memasarkan produk mereka. Apalagi mereka dibantu dengan algoritma teknologi targeted promotion yang telah dikembangkan Go-Jek.

Usaha kecil dalam ekosistem Go-Jek terdukung dengan layanan yang dapat mendukung bisnis mereka, seperti Go-food yang memudahkan pelaku UMKM mengakses pasar, Go-send layanan logistik mengantar barang dan paket, Go-pay yang memudahkan konsumen dan penjual menerima pembayaran elektronik yang lebih efisien.(*)

Related posts

Leave a Comment