You are here
KMP Ihan Batak di Danau Toba, Layani Rute Ajibata-Ambarita Travel & Wisata 

KMP Ihan Batak di Danau Toba, Layani Rute Ajibata-Ambarita

Topmetro.News – KMP Ihan Batak resmi diluncurkan di Danau Toba, Sabtu (1/9/2018). Pemerintah meluncurkan Kapal Motor Penumpang bernama KMP Ihan Batak. Kini KMP Ihan Batak ini masih ‘parkir’ di Pantai Parparean Porsea, Toba Samosir (Tobasa).

Sesuai rencana KMP Ihan Batak bakal melayani rute Ajibata (Kabupaten Tobasa) ke Ambarita (Kabupaten Samosir). “Oktober 2018, kapal ini akan siap dioperasikan,” ujar Irjen Pol Budi Setyadi, Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Sabtu (1/9/2018).

Selain KMP Ihan Batak, Menyusul 4 Kapal Lainnya

Budi Setyadi mengaku hingga tahun 2020 mendatang akan diluncurkan empat unit kapal lainnya yang melayani penyeberangan di obyek wisata Danau Toba.
Ini, kata dia, sesuai komitmen Pemerintah Pusat yang menetapkan Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional.

“Presiden Jokowi berkomitmen mengembangkan wilayah Danau Toba dengan menetapkan Danau Toba sebagai 10 kawasan Strategis Parawisata Nasional dan bahkan menetapkan sebagai 4 daerah Parawisata Superprioritas Parawisata Nasional. Ini salah satu wujud komitmen Pak Jokowi dengan pembangunan Kapal penyeberangan di Danau Toba,” jelasnya.

Sekadar diketahui, KMP Ihan Batak ini berbobot 300 Ton GW dikerjakan PT Dok Bahari Nusantara. Total investasi pembuatan KMP Ihan Batak menelan biaya Rp 32 miliar. KMP Ihan Batak merupakan kapal sejenis kapal laut, sehingga saat berlayar di Danau Toba diperkirakan penumpangnya akan merasa lebih nyaman dan aman.

Kurangi Antrean Panjang Hari Besar

Juang Sinaga, Wakil Bupati Samosir yang hadir di peluncuran kapal ini menyampaikan terimakasih atas kepedualian Pemerintah Pusat yang sudah membangun Kapal di wilayah Danau Toba.

“Tak cuma satu tetapi empat! Ini yang akan memberi kemudahan untuk para wisatawan dan masyarakat yang menyeberangi Danau Toba. Ini akan mengurai antrean panjang pada saat-saat tertentu seperti liburan Natal dan Hari Raya,” ungkapnya.

Hadir juga dalam peresmian ini Darwin Siagian, Bupati Toba Samosir, Arie Prasetio, Kepala Badan Otoritarianisme Danau Toba (BODT) dan Direktur PT Doc Bhari Nusantara, Sophan Sofyan sebagai pihak swasta.

Sejumlah warga Sumatera Utara (Sumut) yang mendapat ‘angin segar’ dengan kehadiran kapal penyeberangan baru itu mengaku berterimakasih kepada pemerintahan Jokowi. ”Untuk pak Jokowi, presiden kita, kami ucapkan terimakasih sudah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu obyek wisata andalan Indonesia. Dengan kelengkapan infrastruktur penunjang pariwisata Danau Toba ke depan diharapkan agar potensi Danau Toba dapat dimaksimalkan lagi. Dengan begini masyarakat akan lebih diuntungkan, sektor wisata akan tumbuh berkembang,” sebut Jenni Sidabutar, salah satu pengelola hotel di bilangan Samosir saat dihubungi Topmetro.News via telepon Minggu (2/9/2018).

Menurutnya, ini sebuah prestasi besar Jokowi sebagai Presiden. ”Hanya Jokowi yang memikirkan pengembangan Danau Toba,” puji Jenni Sidabutar.(*)

1.100 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment