Wagub Sumut: Pemuda Harus Berani Jadi Entrepreneur dan Pemimpin

Wagub Sumut

topmetro.news – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengharapkan generasi muda Sumut harus berani menjadi entrepreneur dan pemimpin dalam segala bidang. Baik itu dalam bidang usaha, politik ataupun bidang lainnya.

“Yakinkan bahwa diri kita mampu, karena tanpa keyakinan diri kita sendiri, bagaimana mungkin bisa kita meyakinkan orang lain,” ujar Wagub Sumut, Musa Rajekshah ketika menjadi pembicara pada acara Seminar Entrepreneurship dan Innovation 2018, pada Selasa (18/9/2018) di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU).

Musa Rajekshah mengatakan, selain yakin dengan kemampuan diri, untuk menjadi sukses, generasi muda juga tidak perlu takut melihat orang lain yang lebih sukses.

“Yakinkan bahwa kita juga bisa sukses. Yang penting adalah niat, mimpi dan usaha. Mudah-mudahan itu bisa tercapai,” ungkapnya.

Dikatakannya, Sumatera Utara memiliki potensi besar untuk generasi muda yang bisa berkreasi, inovatif dan berkarya.

“Dengan itu semua, Sumatera Utara akan menjadi Sumatera Utara yang bermartabat tidak dalam waktu yang lama,” sebut Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Kepada mahasiswa, Ijeck juga berpesan agar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Karena waktu itu tidak mungkin kembali dan diulang lagi. Seperti kesempatan yang ada hari ini para mahasiswa bisa duduk di bangku perkuliahan. Kesempatan ini harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Karena masih banyak teman-teman kita yang lainnya yang ingin duduk di perkuliahan tapi tidak mampu karena masalah finansial misalnya. Waktu sangatlah penting bagi kita. Isilah waktu yang ada dengan hal-hal yang positif dan jauhilah narkoba,” kata Ijeck.

Pada kesempatan itu, Ijeck juga bercerita tentang dirinya yang dulunya bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses. Sukses dalam pergaulan, ibadah dan sukses dalam ekonomi. Supaya dirinya dapat membantu orang lain yang membutuhkan.

Amanah

Menjadi Wakil Gubernur Sumut yang dilakoni saat ini, katanya, bukanlah hal yang direncanakan. Namun dengan amanah yang dipercayakan kepada dirinya saat ini, semua harus disyukuri dan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, yaitu untuk membangun Provinsi Sumatera Utara.

Namun, katanya, cita-cita tersebut tidak bisa dilaksanakan hanya oleh dirinya dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Perlu dukungan dari seluruh masyarakat Sumatera Utara. Termasuk dari para mahasiswa generasi penerus.

“Karena regenarasi ini pasti akan terjadi untuk membangun bangsa kita, Provinsi Sumatera Utara yang kita cintai. Adik-adik saya, mari sama-sama kita tumbuhkan, bahwa kita semua sebagai generasi muda punya tanggung jawab membangun negara kita ini. Khususnya Provinsi Sumatera Utara yang kita cintai ini,” ujar Ijeck.

Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati MS mengatakan, Seminar Entrepreneurship dan Innovation 2018 sangat baik. Dengan kegiatan seperti ini akan mengubah pola pikir mahasiswa. Sehingga setelah selesai dari studi mahasiwa akan lebih mandiri.

“Selesai perkuliahan tidak hanya menjadi pekerja melainkan menjadi pencipta kesempatan kerja bagi orang lain,” ujarnya, seraya menambahkan agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan untuk menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan muda.

Ketua Panitia Seminar Enterpreneurship dan Innovation 2018 Nazaruddin Matondang berharap agar Pemprov Sumut memberi dukungan kepada Student Entrepreneur Centre (SEC), melihat begitu banyaknya minat dari mahasiswa, khususnya mahasiswa dari USU untuk menjadi wirausahawan. Karena SEC masih memiliki keterbatasan, baik dari segi dana dan sebagainya. Sementara diharapkan akan banyak tumbuh wirausahawan, khususnya dari anak-anak muda.

“SEC mengharapkan Pemprov Sumut dapat mendukung SEC, seperti menyediakan tempat atau gedung agar para mahasiswa yang ingin berwirausaha dapat membuat usahanya di situ,” harap Nazaruddin.

Turut hadir pada kesempatan tersebut para wirausahawan muda yang telah berhasil dibawah pembinaan SEC USU, antara lain Inventor/Owner Kolagit, Herbal Diabetes Gita Adinda Nasution yang juga juara Wirausaha Mandiri 2015. Penemu alat penghemat bahan bakar/Owner PT Evindo Indra Gunawan dan Owner Killiney Coffee Aldi Miswar, Ketua SEC USU Buchari ST MKes dan para mahasiswa USU dari berbagai fakultas.(TM/11)

Related posts

Leave a Comment