You are here
‘Wonderful Geoparks of Indonesia’ di Pameran UNESCO Italia Internasional 

‘Wonderful Geoparks of Indonesia’ di Pameran UNESCO Italia

topmetro.news – Perjuangan belum berhenti, meskipun Taman Bumi (Geopark) Batur, Gunung Sewu, Rinjani dan Ciletuh, Palabuhanratu telah dinobatkan sebagai warisan Taman Bumi Dunia oleh PBB untuk Bidang Sosial dan Budaya (UNESCO). Sedangkan Geopark Kaldera Toba terus jadi perhatian.

Lewat Konferensi Internasional Geopark Global UNESCO ke-8 di Italia, tanggal 8-14 September 2018, Pemerintah Indonesia terus mempromosikan geopark-geopark. Juga implementasi pembangunan berkelanjutan yang sedang terjadi saat ini.

Kesempatan Baik Indonesia

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Wijayanti mewakili deputi mengaku bangga dengan keikutsertaan pemerintah pusat dan daerah dalam even taman bumi bertaraf internasional ini.

“Kesempatan ini sangat baik bagi Indonesia yang tengah melakukan pengembangan geopark. Baik yang berstatus geopark nasional (Kaldera Toba, Merangin Jambi, Belitong, Raja Ampat, Tambora, Maros-Pangkep, dan Bojonegoro) maupun yang berstatus global (Batur, Gunung Sewu, Rinjani dan Ciletuh-Palabuhanratu),” ujarnya di Madonna di Campiglio, Italia, Kamis (13/9/2018) lalu.

Ada dua even utama yang diikuti Delegasi RI yakni konferensi bertema ‘Geopark dan Pembangunan Berkelanjutan’. Dengan keikutsertaan Indonesia ini, lanjut Elvi, pemerintah berharap dapat membangun jejaring dan kerjasama untuk mengembangkan geopark dengan konsep yang berkelanjutan.

“Agenda kita disini adalah saling berbagi pengalaman atau studi banding dengan geopark-geopark lain yang ada di dunia. Serta mengikuti pameran Taman Bumi yang digelar UNESCO,” bebernya.

Di dalam konferensi Geopark UNESCO, Delegasi RI menampilkan beberapa narasumber. Mereka berbicara tentang upaya-upaya pemerintah pusat maupun daerah untuk memberdayakan masyarakat kawasan Taman Bumi. Juga upaya pelestarian lingkungan seperti disampaikan para presenter dari Indonesia.

Dalam paparannya, para presenter menyampaikan kegiatan dan program di masing-masing Global Geopark UNESCO dan Geopark Nasional. Antara lain, terkait proses konservasi, edukasi, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan.

Lebih jauh, untuk mengenalkan Taman Bumi (Geopark) Indonesia yang tidak kalah bagus dengan Taman Bumi lainnya, Pemerintah RI juga mengikuti pameran di Taman Bumi Nasional UNESCO Adamello, Italia.

Persiapan Geopark Kaldera Toba

Sementara dalam kesempatan emas di Konfrensi Geopark Global UNESCO itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sumut Dr Hidayati menyampaikan presentasinya di hadapan perwakilan negara-negara dunia. Kata dia, Kaldera Toba merupakan satu potensi objek wisata yang sangat luar biasa.

Disebutkan Hidayati Geopark Kaldera Toba mendapatkan pengakuan sebagai geopark nasional tahun 2013 dengan wilayahnya mencakup tujuh kabupaten. Bahkan Geopark Kaldera Toba sedang mempersiapkan dan membenahi diri sesuai standar dan saran UNESCO untuk mencapai UGG.

“Sekarang kami sedang berbenahi diri sesuai masukan dari UNESCO. Tidak hanya pemerintah yang bekerja keras, tapi semua pihak ikut andil dalam perbaikan ini,” katanya.

Ida juga menyampaikan bahwa Geopark Kaldera Toba mempersiapkan lima hal yang menjadikan mereka pantas untuk mendapatkan pengakuan UGG. Mereka melakukan beragam program demi UGG dan peningkatan kunjungan wisatawan.

“Ada lima hal yang menjadikan Geopark Kaldera Toba spesial. Yaitu super vulcano dari gunung apinya, danau vulkanik yang super besar, keunikan Suku Batak, landscape yang menawan, dan keanekaragaman hayatinya,” ujar Ida.

“Kami merangkul semua pihak dan umur untuk memperkenalkan betapa uniknya gGeopark Kaldera Toba. Kami telah menyusun dan memanjemen langkah untuk ke depannya,” tutup Ida

Turut serta dalam rombongan Delegasi RI antara lain Wamen Setkab, Kabiro Informasi dan Hukum Kemenko Bidang Kemaritiman, Perwakilan Kementerian Perdagangan, Kemenpar, KESDM, dan Perwakilan KBRI Roma. Lalu ada Pemprov Jabar, Sumatera Utara, NTB, Pemkab Raja Ampat, Dompu, Sukabumi, Belitung dan Belitung Timur. Kemudian dari BUMN PT Inalum. (TM-ERRIS)

160 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment