Wagub Sumut Musa Rajekshah Jadi Inspektur Upacara HAORNAS di Kabanjahe

Wagub Sumut

topmetro.news – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018 di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (26/9/2018).

Peringatan Haornas juga diisi dengan kegiatan gerak jalan dan pemberian penghargaan kepada para atlet berprestasi, serta insan olahraga.

Menjadi inspektur upacara, Wagub Sumut Musa Rajekshah membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Imam Nahrawi. Menpora dalam sambutannya, menyampaikan, olahraga bagian dari partisipasi membangun Indonesia.

“Untuk itu, olahraga harus jadi kebutuhan hidup,” katanya.

Menpora juga mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan olahraga secara massif dan meluas di lapisan masyarakat.

“Hal tersebut sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Nomor 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga,” ujarnya.

Permasalahan terbesar saat ini, kata Menpora, adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, yakni di bawah 18 persen. Maka dengan ‘Gerakan Ayo Olahraga’ diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

Bibit-bibit yang Berpotensi

“Dengan kesehatan yang bagus maka akan memudahkan lahirnya bibit-bitit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya,” katanya.

Meski begitu, Menpora mengatakan tahun 2018 banyak generasi muda yang telah menorehkan prestasi di bidang olahraga. Menpora mencontohkan Muhammad Zohri yang telah berpretasi di kejuaraan dunia untuk lari 100 meter. Selanjutnya, ada pecatur yang berusia 10 tahun Samantha, wuhsu dan sepakbola U-16 serta cabang lain.

“Itu pertanda bahwa kita telah menata pondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini. Dengan demikian kita memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan berjenjang,” ujarnya.

Menpora juga menyebut kesuksesan Asian Games yang belum lama digelar di Indonesia berkat kerjasama semua komponen bangsa. Kesuksesan tersebut meliputi sukses pelaksanaan dan sukses prestasi yang mengantarkan Indonesia berada di peringkat ke 4.

“Terima kasih semua komponen dengan kerja ikhlas menghasilkan penyelenggaraan yang mengagumkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumut Musa Rajekshah memberikan tanda penghargaan di bidang olahraga dan tali asih kepada para atlet asal Sumut yang berprestasi di Asian Games 2018. Diantaranya Lindswell dari cabang wuhsu, Jintar Simanjuntak cabang karate, Dr Novita dari wushu, Donny Dharmawan dari cabang karate, serta Deni Zulfendi dari cabang kurash. Selain itu diberikan juga penghargaan di bidang olahraga kepada insan olahraga.

Sebelum upacara dimulai, Wagub Musa Rajekshah juga melepas peserta gerak jalan dalam rangka Hari Olahraga Nasional. Peserta gerak jalan tersebut meliputi TNI/Polri, ASN, pelajar dan masyarakat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Forkopimda Kabupaten Karo, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Kepala OPD Pemprov Sumut dan Kepala OPD Pemkab Karo.(TM/REL)

Related posts

Leave a Comment