You are here
Honda Brio Satya, Kenali Tipe, Eksterior, Interior dan Fiturnya! Otomotif 

Honda Brio Satya, Kenali Tipe, Eksterior, Interior dan Fiturnya!

Topmetro.News – Honda Brio Satya, mobil yang satu ini dikategorikan sebagai mobil jenis LCGC, karena ramah lingkungan. Dengan bodinya yang mungil dan sporty serta dibandrol dengan harga murah dari tipe Honda lainnya, maka tidak heran saat pertama kali dipasarkan tahun 2013 silam, bak ‘kacang goreng’ mobil ini laris manis terjual.

Walau murah, namun Honda Brio Satya memiliki kualitas yang bagus dan dilengkapi fitur–fitur yang lebih komplit dibanding jenis LCGC umumnya. Jadi kalau harganya sedikit agak mahal jika dibanding dengan LCGC lainnya. Tampilan eksteriornya juga tampak lebih keren dan menarik.

Honda Brio Satya Punya Tiga Tipe

Honda Brio Satya ini tersedia dalam tiga tipe. Satya S, Satya E dan Satya E CVT. Dari ketiga keluarga Brio Satya ini, Satya E CVT merupakan tipe termahal. Karena sudah menggunakan transmisi Matic atau CVT. Dengan transmisi ini pengendara akan merasa nyaman saat menggunakannya di jalanan yang sedang macet.

Ketiga tipe Honda Brio Satya ini dilengkapi lampu halogen yang akan memberi penerangan maksimal saat gelap atau malam hari. Honda Brio Satya juga dilengkapi foglamp yang berguna menembus kabut. Namun hanya Tipe Satya S saja yang tak dilengkapi dengan lampu ini.

Untuk dimensinya, Honda Brio Satya memiliki ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.680 dan tinggi 1.485 mm. Jarak antara sumbu roda depan dan belakang 2.345 mm. Sedangkan tangki BBM bisa menampung hingga 35 liter.

Nah informasi lengkap mengenai eksterior, interior dan lainnya dari Honda Brio Satya, simak penjelasan berikut ini.

Honda Brio Satya – Tipe, Eksterior, Interior dan Fitur

Dari segi eksterior Honda Brio Satya tampak begitu kompak dan sporty. Setidaknya ini bisa dilihat di bagian depannya yang menggunakan Front Grille dan Bumper model baru dengan bentuk yang lebih menonjol kedepan dan didesain menyatu dengan Headlamp. Desain bumper depan dipermanis lagi dengan foglamp di sisi kiri dan kanan bawah bumper, ini untuk tipe E dan E CVT.

Desain kaca belakang lebih besar bila dibanding dengan mobil LCGC lainnya. Di bagian kaca belakang dilengkapi wiper. Dengan wiper ini, pengemudi akan merasa nyaman melihat keadaan di belakang mobil terlebih ketika hujan turun.

Body belakang juga dibuat sedikit lebih lebar, sehingga mobil ini terasa kokoh dan gagah. Sedangkan lampu belakang didesain melebar hingga bagian tepi mobil untuk memberi kesan Honda Brio yang lebih lebar.

Lampu belakang dilengkapi lampu eksternal berwarna merah dan lampu rem sehingga memperkuat kesan tersebut. Bagian lampu belakang dan lampu rem didesain terpisah untuk penglihatan yang lebih baik di malam hari. Mobil ini juga sudah dilengkapi spoiler sporty dengan LED High-Mount Stop Lamp yang menawarkan desain premium.

Interior

Jika dilihat dari segi interiornya, mobil ini terasa lapang dan nyaman. Dashboardnya juga dirancang begitu apik dipadu dengan warna hitam dan cream. Di bagian dasboard pun terdapat beberapa panel yang bisa dioperasikan dengan mudah oleh pengemudinya, seperti pengaturan AC digital, audio dan sebagainya.

Untuk mendinginkan ruangan kabin, Honda Brio Satya dilengkapi blower di bagian tengah dan sisi kiri maupun kanan dashboard.

Untuk media hiburannya Honda Brio Satya menggunakan Audio 2 DIN dengan media player berupa AM/FM Radio, CD Player, Aux-in, USB Port, Made for iPod/iPhone, yang membuat penumpang betah di dalamnya.

Mesin dan Transmisi

Setiap tipe Honda Brio Satya menggunakan mesin 1,2 L i-VTEC dengan suply bahan bakar menggunakan teknologi PGM-FI. Sehingga penggunaan bahan bakar lebih irit. Dengan mesin berkapasitas 1.198 cc ini, maka tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 90 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan sistem elektronik Drive By Wire yang berfungsi mengontrol buka tutup throttle valve, sehingga pemakaian bahan bakar menjadi efisien dan mesin bisa bekerja lebih maksimal.

Untuk transmisinya Brio Satya menggunakan dua tipe transmisi, manual dengan 5 kecepatan yang digunakan pada tipe Brio Satya S dan E dan transmisi matic (CVT) yang digunakan di tipe Brio Satya E CVT. Dengan menggunakan trasmisi CVT ini, maka perpindahan gigi pun terasa halus dan mampu meningkathan performa mesin.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Untuk menghindari benturan, Honda Brio juga sudah dilengkapi Dual Front SRS Airbags dan Side Impact Beam. Lalu ada juga Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Driver Seatbelt Reminder.

Sedangkan untuk menghindari pencurian atau orang tak dikenal masuk ke dalam mobil dengan cara paksa, Honda Brio Satya sudah dibekali fitur Wave Key untuk semua tipe. Begitu pun Keyless entry, Immobilizer serta alarm sistem untuk tipe S dan E.

Sistem Kemudi, Rangka, Kaki-kaki dan Rem

Untuk sistem kemudi, Honda Brio Satya sudah menerapkan sistem Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS). Sedangkan untuk menyesuaikan tinggi badan si pengemudi, Honda Brio juga sudah dilengkapi Tilt & Teleskopic Steering untuk semua tipe.

Semua rangka Honda Brio menggunakan struktur rangka dengan teknologi G-CON + ACE. Untuk suspensinya seperti biasa produsen selalu mempercayakan suspensinya ke dua merk ternama dan bermutu yaitu MacPherson Strut untuk bagian depannya, sedangkan bagian belakang suspensinya menggunakan H-Shape Torsion Beam. Begitu pun dengan velg, menggunakan ukuran 14 inch dan ban ukuran 175 / 65 R 14.

Untuk rem roda depan menggunakan rem cakram, sedangkan bagian belakang menggunakan tromol. Fitur pengereman menggunakan sistem ABS yang berfungsi mencegah penguncian roda saat rem mendadak.

Demikian informasi yang bisa disajikan Topmetro.News kepada Anda seputar Honda Brio Satya. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi dan berguna bagi calon pembelinya. Semoga! (herryansyah)

346 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment