You are here
Mau ke Singapura, Silakan Isi Formulir Online Ini Travel & Wisata 

Mau ke Singapura, Silakan Isi Formulir Online Ini

Topmetro.News – Mau ke Singapura? Anda diminta untuk mengisi formulir online dulu yang telah disiapkan. Pasalnya pemerintah negara tetangga itu mewajibkan bagi siapa saja yang mau ke Singapura.

Mau ke Singapura, Kewajiban Baru Ganti Kartu Kedatangan

Info yang kini beredar luas menyebutkan, kebijakan baru ini menggantikan kartu kedatangan yang biasanya diisi pelancong menjadi sebuah sistem melapor via online.

Caranya, Anda yang mau ke Singapura harap mengisi data itu lewat website resmi maupun aplikasi Immigration and Checkpoints Authority (ICA) yang telah disiapkan.

Infonya, sistem yang dinamakan Electronic Arrival Card itu berlaku bagi penumpang mancanegara untuk mengisi keterangan yang sebelumnya ada di kartu kedatangan.

Di dalamnya, Anda wajib mengisi nama lengkap, nomor paspor, tempat tinggal selama di Singapura, durasi kunjungan dan informasi penting lainnya.

Selanjutnya saat Anda tiba di Singapura, pelancong cukup menunjukkan paspor di bagian imigrasi. Anda hanya diminta menunggu petugas ICA memanggil kartu kedatangan yang sudah diisi.

Sistem Online Mudahkan Pelancong

Diberlakukannya sistem online ini, bakal memudahkan Anda atau pelancong lainnya. Pasalnya dalam kartu yang umum digunakan biasanya satu orang mengisi satu kartu. Namun, sistem ini memungkinkan seseorang yang pergi bersama keluarga mengisi data dengan (hanya) sekali pengisian saja.

Anda yang sudah melapor bisa langsung diproses pihak imigrasi setempat.

Perlu dicatat, kebijakan baru ini hanya berlaku bagi Anda sebagai turis mencanegara, warga negara Singapura pemegang izin tinggal dengan jangka waktu yang lama seperti visa pelajar. Pekerja tidak perlu melapor via online.

Selidik punya selidik, ternyata sistem ini berguna mengurangi pemakaian kertas yang setiap tahunnya ada 48 juta kertas diolah menjadi formulir. Makanya, sejak Kamis (4/10/2018) lalu Singapura sudah mengharuskan turis mendaftarkan kartu kedatangan dengan sistem online. Hmmm, Indonesia sudah kah? Setidaknya ini perlu untuk go green, menghemat penggunaan kertas. (*)

259 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment