Pangdam I/BB Tekankan Pengamanan VVIP Harus Berhasil

pengamanan vvip

topmetro.news – Pangdam I/BB Mayjen M Sabrar Fadhilah menekan agar pengamanan VVIP yakni Presiden RI Joko Widodo dan Hj Iriana Joko Widodo harus berjalan dengan berhasil.

“Sebagai Panglima Komando Operasional (Pangkoops) saya tekankan, pengamanan VVIP harus berjalan dengan lancar. Tidak ada kata ulangi dalam kegiatan pengamanan VVIP. Semua harus berlanjut sesuai dengan rencana. Untuk itu Dansatgas dan Satgas dituntut untuk mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” ujar Pangdam saat menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI dan Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo ke Wilayah Provinsi Sumut, di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (6/10/2018).

Sabrar menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan dilakukan untuk benar-benar mengecek kesiapan pasukan pengamanan. Baik kesiapan personil maupun materil. Memastikan tiap-tiap satgas, sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi.

“Setelah apel ini, masih akan dilakukan lagi gladi di tempat-tempat yang akan didatangi. Untuk itu, yakinkan betul dan kuasai untuk mengetahui tugas masing-masing secara satuan dan secara individu. Apa tugas-tugas yang harus dilakukan, yakinkan hari ini. Masih ada waktu untuk terus kita menyempurnakan,” katanya.

Atensi Pengamanan VVIP

Untuk mengantisipasi dinamika perkembangan situasi di lapangan, Sabrar menyampaikan beberapa atensi untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas pengamanan. Pertama, masing-masing personil harus memahami tugas dan pedomani prosedur dalam penanganan tindakan di lapangan.

“Kedua, check and recheck sampai detik terakhir. Baik sebelum, selama, dan sesudah Presiden RI dan Ibu Iriana beserta rombongan menuju ke objek yang dituju. Terakhir, adakan kordinasi di lapangan agar permasalahan yang timbul bisa segera diatasi sedini mungkin,” tegas Sabrar.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH juga selaku Wakil Panglima Komando Operasional (Wapangkoops) meminta doa restu dari semua pihak agar tugas pengamanan VVIP berjalan dengan lancar.

“Pengamanan akan kita laksanakan sesuai dengan yang sudah menjadi SOP. Ada aturannya, akan kita ikuti dan laksanakan, mohon doa restu agar apa yang kita kerjakan bisa berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

Sekdaprovsu yang juga merupakan Ketum MTQN XXVII Hj Sabrina turut mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP. Sabrina berharap seluruh pihak ikut menjaga keamanan dan kenyamanan selama kunjungan Presiden RI dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Bukan saja dari sisi aparat keamanan, tapi juga seluruh masyarakat Sumut. Kami imbau untuk bersama-sama melakukan suatu gerakan pengamanan. Sehingga, kunjungan presiden lancar, keadaan aman, dan merasa beliau pun merasa nyaman,” tuturnya. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment