You are here
Presiden Jokowi Buka MTQ Nasional XXVII 2018, Ribuan Warga Medan Padati Gedung Astaka Kota Medan 

Presiden Jokowi Buka MTQ Nasional XXVII 2018, Ribuan Warga Medan Padati Gedung Astaka

topmetro.news – Presiden RI Joko Widodo membuka gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVII di Kota Medan.

MTQ kali ini akan memperlombakan 46 kategori lomba dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia. Pembukaan MTQ digelar di Gedung Serba Guna Astaka Medan, Minggu (7/10/2018) pukul 20.11 Wib.

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menag Lukman Hakim Syaifuddin, Mensesneg Pratikno dan Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Menko PMK Puan Mahari dan Duta Besar Negara serta sejumlah pejabat negara.

“Saya memiliki harapan, MTQ yang berkembang di tengah kita bisa mewarnai budaya kita. Namun sebelumnya dalam kesempatan ini kita turut mengucapkan belasungkawa bagi saudara-saudara kita yang terkena musibah di Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Musibah ini merupakan ujian dan intropeksi dalam musibah. Alquran merupakan pedoman bagi Umat Islam. Bisa membumikan Al Quran agar bisa lebih diapahami,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi berpesan, agar masyrakat kita jangan mudah terprovokasi, saling memfitnah akan tetapi MTQ ini diharapkan bisa menjadi alat pemersatu bangsa. Lebih dari itu, MTQ harus bisa dijadikan ajang untuk lebih membumikan ajaran Al Quran di tengah masyarakat.

“Dalam MTQ prestasi adalah yang utama namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah membumikan Al Quran. Harus menjadikan Al Quran sebagai nafas kita,” tegas Presiden.

Gelaran MTQ yang sudah rutin berjalan harus juga dilihat sebagai perkembangan keilmuan Islam di Indonesia. Menurut Jokowi, akan tiba saatnya nanti negara lain belajar tentang Islam di Indonesia.

“Bila saatnya Indonesia menjadi sumber pemikiran Islam dunia, negara lain harus juga melihat Islam di Indonesia. Islam di Indonesia sudah seperti obat yang paten yaitu Islam moderat,” tegasnya.

Beberapa pejabat negara dan gubernur juga terlihat hadir. Selain itu hadir pula perwakilan duta besar negara-negara sahabat.

MTQ kali ini diselenggarakan selama 10 hari, yakni 4-13 Oktober 2018. Ribuan peserta turut berpartisipasi dalam gelaran dua tahun ini. Peserta berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Untuk MTQ kali ini, akan ada 34 cabang lomba.(TM/Erris)

352 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment