Menkumham RI Orasi Ilmiah di Acara Wisuda UHN Medan

uhn medan

topmetro.news – Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly SH MSc PhD dengan bangga mengaku bagian dari Keluarga Besar UHN yang telah membesarkan dirinya. Hal itu disampaikannya saat acara wisuda 1.719 mahasiswa/i UHN Medan di Gedung Selecta Medan, Jumat (19/10/2018).

Dia juga memberikan orasi ilmiah berjudul “Deregulasi Kemudahan Berusaha dan Peningkatan Pelayanan Publik”, kemudian menerima PIN purnabakti dari UHN. Namun Yasonna tetapi tetap berjanji akan memberikan perhatian kepada UHN.

Perkembangan UHN Medan

Sementara Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau dalam laporannya mengatakan, perkembangan positif lain di UHN adalah bertambahnya program studi yang memperoleh akreditasi B. Sehingga sekarang terdapat 29 prodi akreditasi B. “Kita menargetkan semua program studi yakni 31 prodi setidak-tidaknya berakreditasi B pada akhir tahun 2020. Dan dan lima di antaranya berakreditasi A. Pada tanggal 23 Mei 2017, UHN terakreditasi B,” katanya.

Perkembangan lain adalah bertambahnya dosen bergelar doktor dan yang diberangkatkan ke program doktor. “Saat ini ada 47 dosen tetap telah bergelar doktor. Tetapi, agar visi UHN terwujud, maka program penyekolahan dosen ke jenang S3 perlu diakselerasi.

Itu sebabnya, pada tahun akademik 2018/2019, sebanyak 18 dosen telah dikirim ke program doktor. Sebelumnya, tahun akademik 2017/2018 sebanyak 28 dosen diberangkatkan mengikuti program doktor. Sehingga tahun akademik 2018/2019 ini, keseluruhan dosen yang sedang mengikuti program doktor berjumlah 72.

“Kita merencanakan akan terus menambah jumlah tersebut pada tahun akademik 2019/2020 sebanyak 40 orang ke program S3. Sehingga pada tahun akademik 2019/2018 jumlah dosen yang sedang mengikuti program doktor berjumlah 110 orang,” jelas Dr Sabam.

Kemajuan lain yang tak kalah penting adalah perbaikan kurikulum menjadi Kurikulum Kerangka Nasional Indonesia yang diterapkan sejak TA 2016/2017. Lalu pembentukan kantor urusan internasional di tingkat universitas dan fakultas. Diversifikasi sumber-sumber pembiayaan anggaran, pembenahan laboratorium, pembentukan suasana kampus yang makin aman kondusif, dan peningkatan efektivitas efisiensi anggaran berbasis program studi dalam kerangka akreditasi. Pada tahun akademik 2018/2019 dibentuk ‘international college’ dan kelas internsional.

Peningkatan Rangking

Akumulasi dari semua perbaikan mutu di UHN Medan tersebut telah membuat rangking UHN di Indonesia membaik dengan luar biasa. Pada tahun 2018, Kemeristekdikti mengumumkan UHN rangking 239 dari sekitar 5.000 perguruan tinggi. rangking ini merupakan yang terbaik pernah dicapai UHN. Perbandingannya, tahun 2017 UHN rangking 409, tahun 2016 UHN rangking 317, dan tahun 2015 UHN rangking 335. Target UHN, pada tahun 2019 UHN masuk 100 besar Indonesia.

Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr Darwin Lumbantobing dalam sambutannya mengatakan, agar wisudawan berupaya lebih produktif. Sementara Ketua Yayasan Ir Nurdin Tampubolon berharap agar wisudawan bisa jadi pencipta lapangan kerja (entrepreneurship).

Sementara Ketua L2 DIKTI Prof Dr Dian Armanto MSc mengapresiasi UHN sebagai salah satu PTS sehat dan salah satu yang terbaik di Sumut. Dia pun mengharapkan UHN Medan ke depan lebih baik lagi.

Hadir Kadep Koinonia HKBP Pdt Dr Martongo Simanjuntak sekaligus membawakan khotbah, Sekretaris Yayasan Pdt Dr Pintor M Sitangang, Bendahara Drs Frans Edward Hutabarat, Ketua Dewan Pengawas Dr Ir Manerep Pasaribu, Dra Pinondang Nababan MM, Drs Golfried Lubis, Drs Monang Siburian, dan lainnya. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment