Pemprovsu-LIPIA Bahas Pendidikan Bahasa Arab di Sekolah

bahasa arab

topmetro.news – Pemprov Sumut menyambut baik kedatangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Salah satunya untuk membicarakan pengembangan pendidikan Bahasa Arab di sekolah-sekolah. Khususnya tingkat SMP dan SMA/SMK.

“Yang namanya bahasa, bahasa apa pun itu sudah pasti berguna. Melalui dinas pendidikan diharapkan nanti bisa kita tindaklanjuti kerja sama pengembangan pendidikan Bahasa Arab ini,” ujar Wagub Sumut Musa Rajekshah saat menerima rombongan LIPIA di Kantor Gubernur Sumut, Senin (22/10/2018).

Musa Rajekshah yang juga akrab disapa Ijeck mengatakan, bahwa kemampuan dalam berbahasa Arab tentunya akan memudahkan generasi muda mendalami Agama Islam. “Mudah-mudahan dengan paham agama, bermunculan generasi muda Sumut yang beriman dan berakhlak baik,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pembekalan Bahasa Arab untuk para siswa, khususnya SMA/SMK juga diharapkan membuka peluang memperoleh beasiswa melanjutkan kuliah ke Arab Saudi. Maupun mencari pekerjaan. “Pemerintah Arab sering memberikan beasiswa pendidikan untuk anak Indonesia. Dengan bekal Bahasa Arab ini tentu memudahkan mereka nantinya untuk studi di sana,” kata Ijeck.

Peluang Bahasa Arab

Sebelumnya, Direktur LIPIA Medan Dr Aid Burki As Soldih menyampaikan, bahwa kedatangan dirinya dan rombongan adalah untuk bersilaturahmi dan membicarakan kemungkinan kerja sama pengembangan pendidikan Bahasa Arab di sekolah-sekolah di Sumut.

“Kami menyadari Indonesia dan Arab memiliki hubungan yang baik selama ini. LIPIA adalah salah satu bentuk niat baik Pemerintah Arab untuk memberikan pendidikan Bahasa Arab dan Islam secara gratis kepada penduduk Indonesia,” ujarnya.

Aid Burki menjelaskan bahwa LIPIA telah berdiri selama setahun di Medan. Hadir di Indonesia dan berpusat di Jakarta sejak tahun 1980. Selama ini, program LIPIA berbentuk diploma dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK.

“Kini kita berpikir untuk mengembangkan dan tentunya mengajak kerja sama Pemprov Sumut untuk mulai membekali anak SMP dan SMA/SMK. Kalau memungkinkan, kita juga berencana untuk sediakan pelatihan Bahasa Arab bagi pegawai-pegawai di Pemprov Sumut jika dibutuhkan,” tuturnya.

Turut hadir Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Ka Balitbang Sumut Effendy Pohan, dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment