Koperasi Diharapkan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

hari koperasi

topmetro.news – Gubsu Edy Rahmayadi berharap keberadaan koperasi bukan hanya sekadar menampung tenaga kerja. Tetapi benar-benar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga manfaat koperasi dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat Sumut. Ini dikatakannya pada peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Kamis (25/10/2018) di Hotel Danau Toba Medan.

Untuk itu, semua pihak terkait harus bergandengan tangan dan bersama-sama menghidupkan koperasi di daerah ini. “Mari kita bergandengan tangan. Saling mendukung untuk menghidupkan keberadaan koperasi, khususnya di Sumatera Utara. Keberadaan koperasi ini harus benar-benar dirasakan masyarakat,” ujar Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi menyampaikan, berdasarkan laporan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumut, keberadaan koperasi nasional hanya menyumbang 4,48 % untuk perekonomian negara. Sementara di negara lain bisa menyumbangkan hingga 20 % kepada negara.

Memang, angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya menyumbang 3,39 %. Namun masih jauh tertinggal dari negara lain. Seperti Prancis, keberadaan koperasinya dapat menyumbangkan 18 %, begitu juga dengan Belanda. Bahkan, Selandia Baru dapat menyumbangkan hingga 20 %. ”Jauh sekali dengan keberadaan koperasi kita saat ini,” ungkap Edy.

Pemprov Sumut, kata Edy, siap mendukung pengembangan koperasi, khususnya di Sumut. Dengan harapan, koperasi bisa mengubah infrastrukturnya dan memiliki program yang jelas. “Kita akan keluarkan dana jika program dari koperasi itu jelas. Kita juga ajak pihak perbankan dan kabupaten/kota untuk itu,” sebut Edy.

Momentum Hari Koperasi

Kepada penggiat koperasi di Sumut, Edy juga berharap, agar dapat memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki Sumut. “Kerja dengan serius, rangkul semua pihak terkait dan manfaatkan segala potensi yang ada,” katanya.

Ketua Dekopin Sumut Jabmar Siburian pada kesempatan itu mengatakan, keberadaan koperasi secara nasional hanya bisa berkontribusi 4,48 % terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun dari segi penyerapan tenaga kerja mencapai 95 % kontribusi koperasi dan UKM terhadap tenaga kerja di Indonesia.

“Diharapkan gerakan koperasi, khususnya di Sumatera Utara ke depan akan semakin maju dan berkembang. Serta dapat meningkatkan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Sumatera Utara,” ujar Jabmar.

Disampaikan, perayaan Hari Koperasi ke-71 dirangkaikan dengan beberapa kegiatan. Di antaranya Lomba Tangkas Terampil Koperasi SLTA se-Sumut yang dimenangkan SMAN I Aek Kuo Labuhanbatu Utara, juara II SMAN 4 Pematangsiantar, dan juara III SMAN 3 Lahom Nisel.

Pada peringatan Hari Koperasi itu, Edy Rahmayadi memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi, tokoh penggiat koperasi di Sumut. Juga menyerahkan hadiah Lomba Tangkas Terampil Koperasi. Dia didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Ketua Dekopin Sumut Jabmar Siburian, Kadis Koperasi dan UKM Sumut Amran Uteh.

Turut hadir pada Hari Koperasi itu, Forkopimda Sumut, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan para bupati/walikota se-Sumut. Juga pimpinan perbankan, para penggiat koperasi, dan pengurus Dekopin Sumut. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment