You are here
Puluhan Ribu Massa Akan Hadiri Deklarasi GBB dan Masyarakat Sumut Dukung Jokowi-Maruf Politik 

Puluhan Ribu Massa Akan Hadiri Deklarasi GBB dan Masyarakat Sumut Dukung Jokowi-Maruf

topmetro.news – Diperkirakan, puluhan ribu massa akan hadir pada Deklarasi GBB (Gerakan Batak Bersatu) Bersama Masyarakat Sumut Dukung Jokowi-Maruf Amin, yang rencananya dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 15 Desember 2018, di Gedung Serba Guna Pemprovsu, Jalan Pancing Deliserdang, Sumut.

Demikian terungkap dalam rapat konsolidasi dan pemantapan tim/panitia deklarasi, yang digelar di Hotel JW Marriot Jalan Putri Hijau, Selasa malam (6/11/2018).

Rapat dipimpin Ketua Panitia Deklarasi Sabam Manalu SE PhD, didampingi Sekretaris Muhammad Jaya Sinaga, dan Bendahara Susi Boru Sinaga. Juga hadir pemrakarsa aksi, yaitu Jumongkas Hutagaol dan Mangatas Tobing.

Disebutkan, bahwa acara kemungkinan dihadiri Maruf Amin bersama para pengurus teras parpol-parpol pendukung. Sedangkan soal kehadiran puluhan ribu massa ini, terkonfirmasi setelah para pengerah massa menyampaikan laporan masing-masing. Dalam rekapitulasi itu, tercatat setidaknya akan ada 37 ribu massa.

BACA JUGA: Penghunjukan Yusril Karena Profesionalisme

Gerakan Batak Bersatu Tanpa Hoax

GBB atau Gerakan Rakyat Bersatu, sebagai organisasi, sudah eksis sejak beberapa waktu lalu. Dan pada kegiatan kali ini, ormas yang sudah tersebar di Sumatera Utara dan daerah lain di Indonesia ini akan berperan merangkul semua elemen masyarakat di Sumut.

“Jadi, target kita bukan hanya Batak. Tapi seluruh masyarakat. Makanya acara nanti bertajuk GBB Bersama Masyarakat Sumut Dukung Jokowi Maruf. Jadi pada kegiatan nanti akan bersatu seluruh Puak Batak bersama masyarakat lain mulai dari Tamil, Jawa, Melayu, Tionghoa, dan lainnya,” kata Sabam Manalu pada rapat tersebut.

Dia pun menyampaikan, bahwa dalam kegiatan itu, tidak boleh membawa atribut parpol. “Tapi kalau atribut lain, terutama yang bernuansa budaya di Sumut, sangat kita harapkan. Selain itu, dalam gerakan ini, kita pun sepakat untuk menghindari hoax,” katanya.

Sedangkan Sekretaris Jaya Sinaga menyebut, tahapan paling penting dalam rangkaian kegiatan adalah pemantapan struktur. Lalu pembuatan program.

Deklarasi untuk Kebhinekaan

Jumongkas Hutagaol, selalu salah satu pemrakarsa menyebut, kegiatan itu merupakan deklarasi untuk menunjukkan kebhinnekaan di Sumatera Utara. “Jadi dalam hal ini, Gerakan Batak Bersatu bukan menjadi seolah-olah atasan yang lain. Tapi ini adalah sebuah kebersamaan. Kita mengajak semua masyarakat Sumut pendukung Jokowi-Maruf, agar bersatu memenangkan Pilpres 2019,” kata ketua dewan penasehat panitia deklarasi ini.

Sehingga, pada acara tanggal 15 Desember nanti, kata dia, memang diharapkan kehadiran semua puak/suku di Sumut. “Sekali lagi, kita ingin menunjukkan kebhinekaan di Sumut. Karena Maruf Amin bukan hanya milik Muslim. Apalagi kita sudah melihat pemikiran Beliau yang tetap mempertahankan Pancasila. Sehingga masyarakat Sumut melakukan gerakan ini untuk menunjukkan kecintaan kepada Maruf Amin. Dan kemenangan di Sumut bukan karena GBB, tapi karena kebersamaan,” kata Jumongkas didampingi pemrakarsa lainnya, Mangatas Tobing.

Dalam susunan kepanitiaan, selain Jumongkas, tercatat nama Tuani Lumbantobing, P Sinaga JR, Ir Jamal H Sinaga, Ernita M Napitupulu, Robert Hutahaean, Chandra Panggabean, Romein Manalu, dan Sairon Sinaga sebagai penasehat/pembina. Ketua Sabam Manalu SE PhD dan wakil ketua, Timbul Limbong, Parningotan Simbolon SH, Janiapon Saragih, Israk Sembiring, Ganda Simbolon, Hamdani, Israel Situmeang, H Edman Ginting, Israel Capa, H Wawan, Binsar Simarmata, Nelson Hutagaol, Edison Sinaga, Nani Lumbantobing SH, Hasudungan Siahaan, Junhaidel Samosir, Ucok Situmorang, Viktor Silaen, Jonson Rajagukguk MSi, Santo Sinaga, dan Toni Sinaga.

Sekretaris Muhammad Jaya Sinaga dan wakil sekretaris Emil Endamora Pane, Agus Erdiaman Purba, Gremeni Siahaan SE, Hermanto Saragi, Edy Riady SH, Erbin Marpaung, Vincent Sitinjak, Thamrin Sihombing, Resianta Bangun, dan Palti Manalu. Bendahara Susi Sinaga, wakil bendahara David Roni Sinaga SE, Rumondang Situmorang, Veronica Sitanggang, Christina Margareta Togatorop, Iis Megawati, Riswan Tinambunan, dan Hernawati Hutagalung. Koordinator Humas Mangatas Tobing dengan anggota Choki Manalu, Binsar Sihotang SE, dan Ramadhan. (TM-RAJA)

552 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment