You are here
Piala AFF 2018, Timnas Singapura Paksa Timnas Indonesia Menyerah 1-0 Olahraga 

Piala AFF 2018, Timnas Singapura Paksa Timnas Indonesia Menyerah 1-0

topmetro.news – Timnas Indonesia dipaksa menyerah dengan skor 0-1 dari Singapura, pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di Singapore National Stadium, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Gol tunggal Singapura dicetak Hariss Harun di menit 37.

Dengan kekalahan ini, Indonesia ada di peringkat ketiga Grup B karena belum mengumpulkan poin. Sementara itu, Thailand ada di peringkat kedua dengan poin tiga. Posisi puncak sendiri ditempati Thailand, yang hari ini mencukur Thailand 7-0 di Rajamangala Stadium.

Dibabak pertama sekitara 10 menit, kedua tim saling jual beli serangan. Namun, Singapura memang lebih banyak melakukan inisiatif. Di menit 10, sepakan jarak dekat Muhammad Yasir Hanapi, masih bisa ditahan oleh kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Semenit kemudian, giliran usaha Ikhsan Fandi Ahmad yang masih gagal. Bolanya sepakannya masih menyamping dari gawang Andritany. Setelah itu, giliran Indonesia yang mengancam. Bek Singapura, Irfan Fandi Ahmad nyaris melakukan gol bunuh diri. Ia salah mengantisipasi umpan silang Stefano Lilipaly hingga tandukannya membentur mistar gawang.

Indonesia sendiri praktis tak bisa berbuat banyak dalam melakukan serangan di 30 menit awal pertandingan. Mendapatkan pressing tinggi, pasukan Bima Sakti cuma bisa melakukan umpan-umpan panjang. Singapura akhirnya memecah kebuntuan di menit 37. Gol ini berawal dari tusukan Gabriel Quak Jun Yi dari sisi kanan. Crossing-nya mampu diantisipasi oleh barisan belakang Indonesia, namun bola liar disambar oleh Harris Harun yang merobek jala gawang Andritany.

Indonesia sendiri mampu membobol gawang Singapura semenit kemudian. Namun, sayangnya Irfan Jaya sudah berdiri pada posisi offside. Andritany sempat melakukan penyelamatan sebelum half-time, namun hingga turun minum, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kedua timnas merubah tempo permainan. Terutama Timnas Singapura, yang terlebih mendapatkan peluang, dengan serangan balik cepat berbahaya di menit ke-47. Tendangan lob Muhammad Faris Ramli mengenai mistar gawang yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa.

Febri Hariyadi melepaskan tembakan jarak jauh ada menit ke-67. Arahnya masih kurang akurat, bolanya menyamping ke arah kiri gawang Singapura. Tendangan Zulfiandi dari tiga menit berselang juga sama. Jaraknya amat jauh, bolanya melesat.

Di menit ke-71, Andritany berbenturan dengan Faris Ramli. Pahanya terkena benturan saat melakukan penyelamatan. Hingga lebih dari 70 menit, Indonesia masih buntu. Belum ada ancaman berarti ke gawang The Lions.

Indonesia mengancam di menit ke-75. Tendangan dari Rizki Rizaldi Pora dari tepi kotak penalti Singapura masih bisa ditangkap oleh Hassan Abdullah Sunny. Stefano Lilipaly yang tak bermain optimal akhirnya diganti pada menit ke-84. Septian David Maulana yang dimasukkan untuk mengubah strategi membongkar pertahanan Singapura.

Putu Gede Juni Antara mendapat kartu kuning kedua di masa injury time. Dia melakukan pelanggaran keras pada Adam Swandi saat berduel udara, Indonesia defisit satu pemain. Singapura terus melakukan garis pertahanan tinggi untuk mencegah Indonesia mendekati pertahanan. Hingga pertandingan selesai, skor 1-0 untuk keunggulan Singapura tak berubah.(TM-YOFE)

47 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment