Harga TBS Anjlok, Agen ‘Bermain’ Petani Sawit Resah

harga tbs anjlok

Topmetro.News – Harga TBS anjlok, akibatnya petani sawit di sejumlah daerah di Sumatera Utara resah. Harga TBS anjlok itu diduga kuat dipicu permainan di tingkat agen pengumpul yang sengaja memainkan harga TBS (Tandan Buah Segar).

Dalam sepekan terakhir, menurut sejumlah petani sawit yang ditemui Topmetro.News di beberapa lokasi terpisah, harga TBS anjlok terjadi beberapa hari terakhir. Tak pelak lagi, akibat harga TBS turun memicu keresahan di tingkat kaum tani.

Harga TBS Anjlok Cuma Dihargai Rp950/Kg

Setidaknya hal itu diakui Kamil, yang dihubungi, Sabtu (17/11/2018). Petani di Asahan persisnya di Pulau Rakyat ini mengaku beberapa hari belakangan harga TBS sepertinya ‘terjun bebas’.

“Sejak seminggu terakhir terakhir ini harga TBS turun lagi, dan harga terakhir agen berani membeli dengan harga Rp950/Kg,” kata Kamil.

Dari Galang Deliserdang, seorang petani sawit Mithun Purba mengakui hal serupa.

Di tingkat agen, kata Mithun, mereka hanya berani membayar Rp950 hingga Rp970/Kg.

”Masih belum sesuai dengan biaya produksi, tapi mau bagaimana lagi,” keluh Mithun Purba.

Namun dia berasumsi, harga TBS masih ada kemungkinan dipermainkan para agen maupun sub agen. Akibatnya, kalau seperti ini petani yang rugi,” sebutnya, Sabtu (17/11/2018). Apalagi, sambung dia, informasi harga di PKS (Pabrik Kelapa Sawit) harga TBS masih di atas Rp1.000/Kg.(*)

Related posts

Leave a Comment