Amien Rais Minta Muhammadiyah Bersikap di Pilpres

amien-rais

topmetro.news – Amien Rais minta Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir bersikap pada Pilpres 2019. Bahkan Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini menegaskan, akan ‘menjewer’ Haedar Nasir kalau tak mengambil sikap.

“Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nasir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer,” ujarnya di sela Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa (20/11/2018).

Kata Amien, dibutuhkan sebuah ketegasan untuk mewujudkan seorang pemimpin bangsa. Sehingga dalam hal ini, kata dia, tidak cocok kalau seorang pimpinan menyerahkan kepada masing-masing kader untuk menentukan arah dukungan.

“Bukan merupakan fatwa jika pimpinan menyerahkan sendiri-sendiri ke kader terhadap siapa suaranya akan diberikan. Sehingga dibutuhkan ketegasan demi terwujudnya pemimpin yang sesuai harapan,” katanya.

BACA JUGA: Prabowo Tuduh Pemerintah Langgar UUD 1945

Bebas Pilih Caleg

Sehingga, kata Amien Rais, PP Muhammadiyah harus segera memperjelas sikap untuk memilih pemimpin bangsa dan tidak boleh diam saja. “Sekali lagi, kalau sampai itu dilakukan maka akan saya jewer. Pemilihan presiden ini menentukan satu kursi dan jangan sampai bilang terserah,” kata mantan Ketua MPR RI tersebut.

Penentuan sikap Muhammadiyah, kata Amien, selanjutnya harus diumumkan kepada seluruh kader. Sehingga pada pemilihan tangal 17 April 2019, tidak ada perbedaan pilihan.

“Pilih pemimpin yang beriman, diyakini dan tidak diragukan keislamannya. Tanpa harus saya sebut nama, pasti Muhammadiyah sudah tahu,” kata mantan Ketum DPP PAN ini.
.
Sikap berbeda disampaikannya untuk pemilihan caleg di Pemilu 2019. Kata dia, karena caleg kader Muhammadiyah tersebar di banyak parpol, maka kader bisa bebas memilih. “Kalau pileg saya masih bisa paham. Sebab kader Muhammadiyah itu ada di PAN, PKS, PPP, bahkan Golkar dan lain-lain,” katanya. (TMN)

Related posts

Leave a Comment