You are here
Aktivitas Bandara Silangit Dorong Perkembangan Wisata Danau Toba Travel & Wisata 

Aktivitas Bandara Silangit Dorong Perkembangan Wisata Danau Toba

topmetro.news – Aktivitas di Bandara Silangit, sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan wisata di Kawasan Danau Toba. Terlebih sejak dibukanya penerbangan internasional dari Bandara Silangit ke beberapa negara asing dan sebaliknya, menjadikan Danau Toba menjadi salah satu tujuan favorit wisman mancanegara.

Demikian, antara lain disampaikan Bupati Samosir Raidin Simbolon MM, Kamis (20/12/2018), saat berbincang-bincang dengan topmetro.news.

“Dibukanya penerbangan internasional dari Bandara Silangit ke Kuala Lumpur, Malaysia dan sebaliknya, berdampak sangat positif pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba, termasuk Kabupaten Samosir,” kata Rapidin Simbolon.

Rapidin pun menyampaikan beberapa contoh terkait wisatawan yang datang ke Samosir. “Hari ini (beberapa hari lalu-red) wisatawan datang dari Kuala Lumpur ingin ke Pusuk Buhit. Lalu ada yang dari Australia via Kuala Lumpur ingin ke Tuktuk Siadong. Ada pula Ms Viin dan temannya tamu dari Malaysia ingin berkeliling Samosir selama tiga hari. Yang lain adalah tamu dari Malaysia yang ingin melihat Geopark Kaldera Toba Pusuk Buhit,” urainya.

FASILITAS BANDARA

bandara internasional silangit
Bandara Internasional Silangit – topmetro.news

Disampaikan juga, para wisatawan itu juga telah memanfaatkan fasilitas yang ada di Bandara Silangit, khususnya terkait informasi dan peta objek wisata di Kabupaten Samosir. “Mereka singgah di Corner Samosir yang ada di Bandara Silangit untuk mencari info dan mengambil peta objek wisata di Kabupaten Samosir,” katanya.

“Ayo ke Danau Toba. Ayo ke Samosir,” sambung Rapidin Simbolon. Tak lupa dia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah membangun Kawasan Danau Toba dan Bandara Silangit.

Masih terkait dengan pengembangan wisata, Pemkab Samosir terus melakukan pembenahan infrastruktur di wilayahnya. Hal itu dilakukan, agar dukungan Bandara Silangit dengan rute internasionalnya, bisa semakin maksimal.

Di antara pembangunan lanjutan infrastruktur itu antara lain, jalan utama dari Ronggur Nihuta dimulai dari Sidihoni menuju Pangururan. Lala ada lanjutan peningkatan Jalan Tomok-Lontung dengan hotmix. Demikian juga dengan jalur lainnya.

JADUAL KE SILANGIT

danau toba
Danau Toba – topmetro.news

Aktivitas Bandara Silangit memang semakin intens. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ke Bandara Silangit dan sebaliknya, baik domestik maupun iternasional. Antara lain:

Penerbangan Reguler:

  • Batik Air rute Soekarno Hatta ke Silangit berangkat pukul 09.00 WIB setiap hari. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 11.50 WIB setiap hari.
  • Citylink rute Soekarno Hatta ke Silangit berangkat pukul 06.20 WIB setiap hari. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 08.55 WIB setiap hari.
  • Citilink rute Halim PK ke Silangitberangkat pukul 10.40 WIB setiap hari. Dari Silangit ke Halim PK berangkat pukul 13.20 WIB setiap hari.
  • Garuda Indonesia rute Soekarno Hatta ke Silangit berangkat pukul 07.35 WIB pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 10.50 WIB pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.
  • Sriwijaya Air rute Soekarno Hatta ke Silangit berangkat pukul 07.30 WIB dan 12.05 WIB setiap hari. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 10.10 WIB dan 14.15 WIB setiap hari.
  • Susi Air rute Kualanamu ke Silangit berangkat pukul 08.50 WIB setiap Rabu. Dari Silangit ke Kualanamu berangkat pukul 14.15 WIB setiap Rabu.
  • Susi Air rute Gunung Sitoli ke Silangit berangkat pukul 12.50 WIB setiap Rabu. Dari Silangit ke Gunung Sitoli berangkat pukul 10.15 WIB setiap Rabu.
  • Wings Air rute Kualanamu ke Silangit berangkat pukul 07.50 WIB setiap hari. Dari Silangit ke Kualanamu berangkat pukul 09.05 WIB setiap hari.
  • Malindo Air rute Subang – Silangit berangkat pukul 12.45 WIB pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Dari Silangit ke Subang berangkat pukul 14.50 pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. (Selama kurun waktu 21 Oktober hingga 31 Desember 2018, penerbangan ditunda).
  • Air Asia rute Kuala Lumpur ke Silangit berangkat pukul 09.30 WIB pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Dari Silangit ke Kuala Lumpur berangkat pukul 11.30 WIB pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Penerbangan Ekstra:

Mengantisipasi pertambahan penumpang, beberapa maskapai juga membuka penerbangan ekstra, antara lain:

  • Batik Air dari Soekarno Hatta ke Silangit berengkat pukul 11.20 WIB setiap hari, khusus untuk tanggal 17 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 14.10 WIB setiap hari, khusus untuk tanggal 17 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019.
  • Citilink dari Halim PK ke Silangit berangkat pukul 05.50 WIB setiap hari, khusus untuk tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. dari Silangit ke Halim PK berangkat pukul 08.40 WIB setiap hari, khusus untuk tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.
  • Sriwijaya Air dari Soekarno Hatta ke Silangit berangkat pukul 10.20 WIB setiap hari, khusus untuk tanggal 13 Desember 2018 hingga 14 Januari 2019. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 13.00 WIB setiap hari, khusus untuk tanggal 13 Desember 2018 hingga 14 Januari 2019.
  • Garuda Indonesia dari Soekarno Hatta ke Silangit berangkat pukul 10.50 WIB pada Selasa, Kamis, dan Sabtu, khusus tanggal 15 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019. Dari Silangit ke Soekarno Hatta berangkat pukul 14.00 WIB pada Selasa, Kamis, dan Sabtu, khusus tanggal 15 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019.

DUKUNGAN DISBUDPAR SUMUT

hidayati
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati – starberita.com

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati mengapresiasi usaha yang dilakukan pemkab maupun stakeholder untuk mendukung kepariwisatawan. Menurutnya, berbagai perkembangan mengenai pariwisata saat ini, khususnya terkait penerbangan ke Bandara Silangit, adalah hal menggembirakan.

“Semua kita padukan menjadi sebuah sinergitas untuk memajukan pariwisata di Sumatera. Mulai dari keberadaan Bandara Silangit, infrastruktur jalan, penginapan, akomodasi dan lainnya, harus saling mendukung. Dengan demikian, apa yang kita harapkan ke depan, khususnya untuk kunjungan turis, akan bisa kita capai,” urai Hidayati.

berbagai sumber

Loading...
946 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment