Daun Sirih Merah Dipercaya Ampuh Bersihkan Organ Vital Wanita

daun sirih merah

Topmetro News – Daun sirih merah, kenal dengan jenis dedaunan ini? Ya, Daun sirih merah, tumbuhan merambat yang ditanam orang lantaran memiliki khasiat pengobatan. Daun sirih merah ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, hingga keputihan.

daun sirih merah ditanam

Daun Sirih Merah Pembersih Areal Kewanitaan

Banyak kaum hawa yang menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area miss v. Namun hal ini ternyata belum teruji secara klinis atau menjadi fakta autentik.

“Walau sudah ada penelitian tujuh helai daun sirih dicampur 1 liter air lalu direbus dan dibasuh pada alat vital perempuan memang ada perubahan pH. Tapi, penelitiannya masih sangat minim,” kata dr Lonah, SpFK, spesialis farmakologi klinis dalam acara AYO HIDUP SEHAT (AHS).

Menurut Lonah, sebagaimana dilaporkan siantaranews, tubuh perempuan sudah memiliki mekanisme untuk membersihkan area miss v secara otomatis.

Jangan Pakai Celana Dalam Ketat

Dengan begitu, cara mempertahankan kebersihan miss v, antara lain menjaga area tetap kering dan bersih, tidak pakai celana dalam ketat, serta rajin mengganti pembalut saat menstruasi.

“Perempuan sehat tak perlu pakai sabun atau air rebusan daun sirih merah untuk jaga kebersihan area intim. Apalagi perempuan yang punya gangguan di area itu seperti cairan miss v berbau atau berwarna cokelat, khawatir kalau dibasuh dengan air daun sirih bisa memicu iritasi.”

Hentikan Jika Perih

Meski begitu, Lonah tidak melarang para wanita jika tetap ingin memakai air rebusan daun sirih di area intimnya. Dia malah menyarankan agar pemakaiannya tak terlalu lama.

“Pilih daun sirih merah yang segar lalu dicuci bersih dan direbus. Boleh jika membasuh area intim dengan air rebusan itu, tapi maksimal 7 hari saja. Kalau terasa gatal dan perih, segera dihentikan!”

sumber: siantaranews

Related posts

Leave a Comment