Arus Lalulintas ke Parapat Kembali Putus Karena Longsor

jembatan kembar parapat

topmetro.news – Setelah ditimpa longsor belum lama ini, Jembatan Kembar Parapat kembali mengalami hal serupa, malam tadi. Berdasarkan informasi yang beredar, longsor di jembatan itu terjadi, Minggu (30/12/2018), sekira pukul 21.40 WIB.

Akibatnya, arus lalu lintas menuju ke Parapat dari arah Pematangsiantar dan sebaliknya, lumpuh total.

“Sekilas info. Baru saja jembatan kembar menuju Parapat putus. Hubungan Pematangsiantar menuju Parapat terputus. Demikian info untuk kita. Trims,” sebut sebuah pesan di WhatsApp Group.

“Kejadian pukul 21.40 WIB. Mudah-mudahan segera mendapat penanganan. Namun kita tetap waspada terutama di kawasan Danau Toba -Samosir,” sebut pesan WhatsApp lainnya.

BACA JUGA: Sumut Berpotensi Longsor, Nih Data 13 Kabupaten Rawan!

Hindari Jembatan Kembar Parapat

Terjadinya longsor di Jembatan Kembar Parapat dibenarkan Ka BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis. Dalam pesan WhatsApp-nya, Ka BPBD Sumut itu menjelaskan, longsor terjadi di lokasi kejadian serupa sebelumnya. Dan sedang ada mobilisasi alat berat oleh BPJN.

Disebutkan, belum ada laporan tentang korban jiwa. Sementara kepada warga diimbau berhati-hati karena saat ini sedang hujan serta mencari jalur alternatif.

“Breaking news: Sebagimana informasi Kapolres Simalungun barusan via telpon, bahwa jalan Pematangsiantar – Parapat (tempat kejadian longsor terdahulu – 1 km sebelum Kota Parapat) saat ini terjadi longsor pada sekitar pukul 21.30 malam ini (Sabtu, 30/12/2018 – red), di Jembatan Lumban Siduadua. Dan mengakibatkan jalan nasional ini kembali tertutup. Saat ini BPBD Provsu telah berkoordinasi dengan Pl Kepala Balai Pengembangan Jalan Nasional (BPJN) dan Dinas PU Bina Marga Provsu. Dan alat berat sedang dimobilisasi ke lokasi sebanyak dua loader dan ekscavator untuk membantu percepatan pembersihan longsoran di lokasi. Belum ada laporan tentang korban jiwa. Kepada masyarakat yang akan menuju dari dan ke Parapat agar mencari jalur alternatif dan berhati-hati di jalan mengingat saat ini sedang hujan,” tulis Ka BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis dalam pesan WhatssApp-nya.

Untuk itu, diimbau kepada pengguna jalan atau warga yang akan melintasi Jembatan Kembar Parapat, untuk menunda perjalanannya. Atau, kalau terpaksa, harus menempuh jalur alternatif, di antaranya melalui Tele, Kabupaten Samosir.

reporter: Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment