You are here
Inflasi Sumut Terbaik di 34 Provinsi di Indonesia Ekonomi & Bisnis 

Inflasi Sumut Terbaik di 34 Provinsi di Indonesia

Topmetro News – Inflasi Sumut sebesar 0,14 persen mtm (month to month) terjadi pada Desember 2018. Selain inflasi Sumut, secara keseluruhan hanya mencapai 1,23 persen. Dengan begitu inflasi Sumut menjadi yang terendah atau terbaik di 34 Provinsi di Indonesia.

Ilyas Sitorus, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut (Setdaprovsu) didampingi Kepala Biro Bina Perekonomian Setdaprovsu Ernita Bangun mengemukakan hal itu di Medan, Sabtu (5/1/2019).

Inflasi Sumut Sudah Dirilis BPS Pusat

Ilyas menambahkan perolehan angka inflasi ini juga sudah dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat maupun BPS Provinsi Sumut dalam jurnal resmi instansi statistik resmi ini pada Januari 2019. Dalam neraca itu, secara rinci digambarkan tingkat inflasi seluruh provinsi di Indonesia secara nasional dan Desember 2018 Provinsi Sumut mengalami inflasi hingga 0,14 mtm.

“Inflasi hingga 0,14 (mtm) dan tekanan inflasi Sumut pada tahun 2018 yang hanya 1,23 persen ini jauh lebih rendah dari inflasi nasional di angka 3,13 persen. Angka 1,23 persen ini juga merupakan terendah di 34 propinsi,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, capaian ini merupakan inflasi Desember yang terendah atau terbaik dalam 8 tahun terakhir. Rendahnya tekanan inflasi ini, menurut dia, terutama didorong masih melimpahnya pasokan bahan pangan, khususnya bumbu-bumbuan seiring dengan masuknya musim panen di beberapa sentra komoditas.

Inflasi Sumut Terkendali dengan Baik

Inflasi Sumatera Utara selama tahun 2018 dapat terkendali dengan baik dan ketersediaan serta keterjangkauan harga barang dan jasa selama tahun 2018 juga dapat terjaga dengan baik dan terkendali.

“Kondisi ini sangat positif dan mendukung pergerakan perekonomian Sumut antara lain membuat harga-harga kebutuhan pokok dan bahan strategis lainnya relative stabil selama tahun 2018 dan diharapkan dapat dipertahankan dan lebih baik pada tahun 2019 ini,” ujarnya.

Ernita Bangun mengatakan, terkendalinya dengan baik ketersediaan serta keterjangkauan harga barang dan jasa sehingga harga-harga kebutuhan pokok dan bahan strategis lainnya relatif stabil selama 2018, juga didukung kerja keras Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumut.

Reporter: ucok iswandi

239 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment