Gempa Guncang Tapsel 5,0 SR, Terasa di Taput

gempa guncang tapsel

Topmetro News – Gempa guncang Tapsel (Tapanuli Selatan) bermagnitudo 5,0 Skala Richter. Gempang guncang Tapsel ini pun terasa hingga Tapanuli Utara (Taput) dan Labuhanbatu. Getarannya pun dirasa nyata warga terutama di wilayah Kecamatan Sipirok.

“Getaran gempa tidak begitu kuat namun cukup terasa selama lebih kurang 3-5 detik,” sebut Sardin Hasibuan, Camat Kecamatan Sipirok seperti dilaporkan Antara, Selasa (15/1/2019).

Gempa Guncang Tapsel tak Rusak Bangunan

Gempa guncang Tapsel yang terjadi sekitar pukul 06.59 WIB itu dilaporkan tidak sampai merusak bangunan ataupun infrastruktur yang ada di sana.

“Sejauh informasi yang kami terima, tidak ada laporan bangunan ataupun gedung yang rusak akibat gempa ini, aktivitas warga juga normal,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi Selasa (15/1/2019) pukul 06.59.53 WIB dengan 5,0 SR berada pada titik 31 Km arah Tenggara kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, pada kedalaman 10 kilometer. Meski begitu, getaran gempa dirasakan hingga Kabupaten Labuhanbatu dan wilayah lain.

4 Lokasi di Tapanuli Digoyang

Sedikitnya empat daerah di Tapanuli digoyang gempa. Tercatat selain Tapanuli Utara, getaran dirasakan juga di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Labuhanbatu. Akibatnya masyarakat di sejumlah daerah itu sempat panik

Syabrina Dalimunthe warga Kota Rantauprapat, mengaku terhuyung beberapa saat. “Iya ada getaran seperti gempa bumi tadi pagi,” katanya.

“Kencang kali goyangannya sampai lampu dalam rumah ikut goyang. Makanya kami langsung lari keluar rumah,” terang Yari Gultom warga Aek Tolang Pandan.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment