Dicongkel Tusuk Gigi, 4 Komplotan Pembobol ATM, Terkapar Dipelor Polisi

komplotan pembobol atm

Topmetro News – Komplotan pembobol ATM ditindak tegas unit Jatanras Polres Asahan. 4 orang komplotan pembobol ATM itu terpaksa dipelor polisi. Mereka membobol ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan modus mengganjal slot (tempat kartu ATM) di mesin dengan menggunakan tusuk gigi. Tak pelak lagi, ke 4 pelaku terkapar setelah peluru polisi menembus betis mereka.

Tindakan tegas terukur ini terpaksa dilakukan polisi lantaran mereka berusaha melawan bahkan hendak melarikan diri saat dibekuk.

Dari info yang diterima di kantor polisi, komplotan ini beraksi Rabu (16/1/2019) dan membobol mesin ATM di kawasan Supermarket Desa Aek Loba, Kabupaten Asahan.

Komplotan Pembobol ATM Menyamar Jadi Petugas Teknisi

Informasinya, seorang tersangka terlebih dulu masuk ke ruang ATM untuk mengganjal slot (tempat memasukkan kartu ATM).

Kemudian warga yang hendak mengambil uang dari mesin ATM tentu mengalami kesulitan. Saat kesulitan, tersangka lain yang menyamar berpura-pura menjadi teknisi datang menawarkan bantuan. Teknisi gadungan itu menyuruh korban memasukkan PIN (Personal Identification Number) ATM nya agar bisa bertransaksi.

Namun kartu ATM milik korban tersangkut sehingga korban melapor ke kantor BRI Aek Loba. Nah, saat dilaporkan warga dimaksud tentu terkejut melihat saldo di rekening nya sudah terkuras Rp 2 juta.

Korban yang merasa dirugikan kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Pulau Raja Polres Asahan.

Petugas Kepolisian yang menerima laporan, langsung menyelidiki. Dari rekaman CCTV polisi mengantongi identitas para pelaku.

Sudah Sering Beraksi di Sumut

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara, komplotan ini sudah beraksi di berbagai kota di Sumut.

“Untuk wilayah Kabupaten Asahan, mereka melakukan aksinya di kawasan Kota Kisaran, Simpang Empat dan Aek Ledong. Sedangkan kota lainnya Medan, Tebingtinggi, Serdang Bedagai dan kemungkinan sudah beraksi di Labuhan Batu karena mereka kita tangkap di sana,” ungkap Faisal seperti disiarkan matatelinga.

Simak, Ini Imbauan Polisi

Faisal menambahkan, dari para tersangka disita barang bukti kartu ATM sebanyak 31 lembar, 4 unit handphone, uang tunai Rp 7,5 juta, 1 pack tusuk gigi, serta 1 unit mobil Toyota Calya BK 1991 FB yang digunakan untuk beraksi.

Faisal mengimbau warga tak mudah percaya kepada orang yang menawarkan bantuan, apalagi yang mengaku sebagai teknisi.

“Jika ada kendala saat bertransaksi di mesin ATM, segera lapor dengan mendatangi kantor Bank terdekat. Jangan percaya dengan tawaran bantuan orang yang tak dikenal, apalagi sampai meminta nomor PIN,” imbau Faisal.

DAFTAR TERSANGKA PEMBOBOL MESIN ATM:

1. Sap (42) warga Jalan Brigjen Katamso Medan
2. ES (24) warga Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung
3. AP (32) warga Jalan Letda Sujono Medan Tembung
4. BZ (32) warga Perumnas Mandala Kecamatan Percut Sei Tuan

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment