You are here
Pengunjung Wisata Samosir Naik 36 Persen, Tercatat 378.649 Orang Travel & Wisata 

Pengunjung Wisata Samosir Naik 36 Persen, Tercatat 378.649 Orang

Topmetro News – Pengunjung wisata Samosir yang belakangan dijuluki ‘Negeri Indah Kepingan Surga’ tercatat sepanjang tahun 2018 mencapai 378.649 orang. Jumlah pengunjung wisata Samosir ini meningkat sekitar 36,18 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Jadi Motivasi Pembenahan

Ombang Siboro, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Kamis (17/1/2019) mengatakan, pengunjung wisata Samosir dari tahun 2017 ke tahun 2018 meningkat 36,18 persen yang mencapai 378.649 orang.

Dikatakan, angka itu menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Samosir dan menjadi motivasi membenahi seluruh obyek-obyek wisata yang ada dalam rangkaian meningkatkan kunjungan wisatawan tahun 2019 ini.

Motivasi pembenahan wisata dimaksud, jabar Ombang Siboro mulai dari promosi wisata, peningkatan sarana prasarana pendukung obyek wisata hingga even tahunan ‘Horas Samosir Fiesta’ yang masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata tahun 2019.

Untuk tahun 2019, katanya seperti disiarkan antarasumut, Pemkab Samosir menyiapkan 40 tempat wisata unggulan, prioritas dan rintisan yang dituang dalam rancangan induk pengembangan objek wisata.

Siapkan Kluster Obyek Wisata

Di bagian lain menurut Ombang Siboro, Pemkab Samosir menyiapkan tiga kluster obyek wisata. Kluster obyek wisata ini untuk meningkatkan jumlah Pengunjung Wisata Samosir tahun 2019.

Dia menjabarkan kluster obyek wisata dimaksud tersusun dalam rancangan induk pengembangan obyek wisata meliputi wisata unggulan 10 kawasan, wisata prioritas 12 kawasan dan wisata rintisan 18 lokasi yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Kabupaten Samosir.

Berita Terkait: WISATA SAMOSIR KIAN MENGGELIAT

Sebagaimana dilansir Topmetro News beberapa waktu lalu, pengembangan sekotor wisata di Kabupaten Samosir terus menggeliat. Lokasi-lokasi wisata terus ditata dan dipromosikan, di antaranya Huta Siallagan, Rest Area Tele Samosir dan lainnya, dengan konsep ‘back to nature’ alias kembali ke alam.

Upaya-upaya Pemkab Samosir untuk mengembangkan wisata di daerah itu pun terus terlihat.

Mulai dari pagelaran budaya rutin, konser musik, hingga pengoperasian kapal wisata dan bus transportasi dari Bandara Silangit langsung ke Samosir, pulang pergi, setiap hari.

Khusus pengoperasian bus transportasi dari Bandara Silangit ke Samosir, seperti disampaikan Bupati Rapidin Simbolon MM, selain sangat membantu kemudahan akses masuk dan keluar Samosir, juga menghasilkan PAD yang lumayan.

Terhitung sejak beroperasi Bulan April hingga September 2018, pendapatannya sudah mencapai Rp223.350.000.

Reporter: JEREMI TARAN

548 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment