Proyek Infrastruktur Indonesia, Banyak Investor Asing Tertarik

proyek infrastruktur indonesia

Topmetro News – Bangun proyek infrastruktur Indonesia ternyata banyak investor asing yang berminat dan tertarik. Setidaknya, pembangunan proyek infrastruktur Indonesia itu diakui Armand Hermawan, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

“Lebih dari 100 investor dan lembaga keuangan internasional hadir. Hal itu memperlihatkan ketertarikan investor dan lembaga keuangan internasional terhadap berbagai proyek PPP (Public Private Partnership) proyek infrastruktur Indonesia,” ujar Armand, sebagaimana disiarkan antaranews, Kamis (17/1/2019).
Dia mengatakan hal ini dalam acara PPP Day 2019 di Singapura.

Proyek Infrastruktur Indonesia Disiapkan Penjaminan

Pemerintah lewat Kementerian Keuangan memang telah menyiapkan berbagai instrumen memberi kenyamanan berinvestasi dalam skema Public Private Partnership atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yaitu berupa penjaminan.

Sesi Power Lunch dan sesi Deep Dive, banyak investor yang menanyakan fungsi penjaminan.

Indonesia Negara Tujuan Investasi

Armand menegaskan penjaminan pemerintah dapat meningkatkan kelayakan kredit (Credit Worthiness).

Kemudian, pada sesi Deep Dive, PT PII bersama-sama dengan Kementerian Keuangan dan BUMN melakukan pembahasan teknis proyek PPP dengan investor, salah satunya proyek perkeretaapian Makassar – Parepare. Saat ini proyek Makassar – Parepare telah masuk tahap penetapan pemenang lelang.

Para investor, sambung dia, mulai meyakini Indonesia negara tujuan investasi, terutama bidang infrastruktur. Apalagi ada penjaminan pemerintah melalui PT PII, yang merupakan salah satu kunci keberlangsungan proyek infrastruktur mengingat masa pembangunan hingga operasional yang cukup lama.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment