Wagubsu Harapkan Prestasi Olahraga Sumut Tak Boleh Kalah Lagi dari Provinsi Lain

TopmetroNews – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), H Musa Rajekshah mengharapkan, untuk mendatang prestasi olahraga Sumatera Utara tidak boleh lagi kalah dari provinsi lain, mengenai prestasi atlet maupun sarana olahraga. Sejarah telah membuktikan, banyak cabang olahraga (cabor) yang dibina mulai dari tingkat KONI kabupaten/kota, pengcab/pengkot dan klub olahraga di Sumatera Utara.

Olahraga Sumut yang pernah berjaya itu seperti atletik, balap sepeda, renang bahkan sepakbola, pernah berprestasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional. “ Saat itu sarana dan pra sarana olahraga kita belum sebaik ini. Karenanya ke depan, dengan semangat kebersamaan kepeduliaan pemerintah dengan optimis yang tinggi, olahraga Sumut bisa bangkit,” ujar Gubsu melalui Wagubsu, H Musa Rajekshah, saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Sumut, di Gedung Sudirman Li Polonia Hotel, pada Jumat (25/01/2018) malam.

2o0 Hektar Untuk Sport Center

Wagubsu yang juga didampingi Asisten III, Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian, SH MSi, Kabag Litbang Effendi Pohan, dalam kesempatan tersebut juga mengharapkan, doa dan dukungan seluruh masyarakat olahraga, agar pengadaan lahan sekira 200 hektar untuk sport center dapat segera diselesaikan. Penyelesaian lahan ini menurut Wagubsu sangat penting, khususnya untuk mendukung Sumut menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024 dengan Aceh. “ Kita berharap pada saat PON XXI/2024, Sumut sudah punya sarana olahraga yang refresentatif,” sebutnya.

Untuk membangun sport center ini tambahnya, pihaknya tentu tidak mau tidak ketinggalan harus mampu memenuhi kebutuhan untuk masa depan. Pemprovsu tidak hanya menginginkan peningkatan pretasi olahraga, tapi menjadikan olahraga sebagai pendukung sektor-sektor lain, baik pariwisata, ekonomi dan lainnya. “Semangat Gubsu Edy Rahmayadi dan semangat kita semua harus bisa diwujudkan. Melalui olahraga, kita diharapkan mampu membanggakan Sumut dan mengibarkan bendera kita di negara lain. Tentunya, dengan semangat itu pula Sumut ke depan harus menjadi gudangnya atlet berprestasi, baik nasional maupun tingkat dunia,” harapnya.

KONI Sumut Evaluasi Program Kerja 2018

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dalam sambutannya menyebutkan, Rapat Anggota Tahunan KONI Sumut 2019 akan mengevaluasi Program Kerja Tahun 2018, dan juga membahas dan menyusun Program Kerja 2019. Pembahasan itu diantaranya mengenai Porwilsu, serta Porwil se-Sumatera di Bengkulu dan Kualifikasi PON seluruh cabor. Menghadapi agenda kegiatan tersebut, KONI Sumut rencananya sejak Januari 2019 telah menggelar dan melanjutkan Program Sumut Emas (PSE). Pihaknya juga berencana melaksanakan Pelatda untuk mengikuti Pra Kualifikasi PON, dan Pelatda Jangka Panjang persiapan menghadapi PON XXI/2024.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Rapat Anggota Tahunan KONI Sumut, H Sakiruddin, SE, MM dalam kesempatan tersebut melaporkan, Rapat Anggota KONI Sumut diikuti utusan KONI Kota Kabupaten, Pengprov Olahraga dan Badan Fungsional. Pada rapat anggota ini, tambahnya, Gubsu Edy Rahmayadi, pada hari ini Sabtu (26/01/2018) juga akan menyampaikan paparan . Rencananya, Gubsu akan memaparkan tentang kesiapan Sumut menjadi PON XXI/2024 bersama Aceh. (TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment