Tahun 2018, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Naik 5,17 Persen

pertumbuhan ekonomi indonesia

Topmetro.News – Sepanjang tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 5,17 persen. Angka ini menunjukkan peningkatan dibanding pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 yang sebesar 5,07 persen.

pertumbuhan ekonomi indonesia antara

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi Tren Baik

“Ini menunjukkan tren yang baik, karena dibandingkan beberapa tahun terakhir, pertumbuhan 2018 adalah yang cukup tinggi yakni sebesar 5,17 persen secara kumulatif,” kata Suhariyanto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Menurut dia, sebelumnya tahun 2017, angka pertumbuhan ekonomi negeri ini hanya 5,07 persen, kemudian di 2016 sebesar 5,03 persen dan 2015 sebesar 4,88 persen.

“Di tengah tantangan ekonomi global sepanjang 2018, pertumbuhan ekonomi tahun 2018 adalah pencapaian yang baik,” kata dia seperti dikutip Topmetro.News dari antara.

Berita Terkait: PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA, SIMAK PROYEKSI BANK DUNIA

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, banyak pihak sempat pesimis seputar pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun Bank Dunia melalui lembaga keuangan global yang berbasis di Washington, Amerika Serikat justru menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh 5,2 persen. Proyeksi itu juga jauh lebih rendah daripada target pemerintah 5,4 persen. Sebelumnya, Bank Dunia tahun ini memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh 5,3 persen.

’’Seiring dengan proyeksi pertumbuhan perekonomian global yang melambat dan arus perdagangan yang menurun dari level tertingginya baru-baru ini, pertumbuhan PDB Indonesia diproyeksikan tetap mencapai 5,2 persen pada 2018,’’ papar Rodrigo A. Chaves, Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, beberapa waktu lampau.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment