Ini Kisah Segerombolan Pria Korut yang Masuk Malaysia

Sejumlah warga Korea yang masuk Malaysia diduga ikut terlibat dalam pembunuhan itu.
Advertisement

Babak Baru terkait Tewasnya Kim Jong-nam

TOPMETRO.NEWS – Pihak Korea Utara (Korut) membantah keras jika kematian Kim Jong-nam dikaitkan dengan mereka. Namun, peristiwa yang terjadi di sekitar kematian kakak pemimpin Korut Kim Jong-un itu menunjukkan kondisi sebaliknya.

Jelas terlihat ada operasi untuk melenyapkan dia.

Pemerintah Malaysia mendapati, awal Februari ada segerombolan orang asal Korut yang masuk ke negerinya. Kepulangan mereka ke Pyongyang bertepatan dengan tewasnya Jong-nam pada 13 Februari lalu. Spekulasi pun berkembang bahwa mereka adalah tim yang dikirim untuk mengatur pembunuhan terhadap Jong-nam.

“Kami masih dalam proses investigasi. Hal tersebut masih belum bisa dipastikan. Setelah hasil investigasi rampung, kami pasti akan memberi tahu,” kata Inspektur Jenderal Polisi Tun Sri Khalid Abu Bakar kemarin.

Setidaknya ada tujuh lelaki asal Korut yang menjadi buron dalam kasus pembunuhan itu. Lima di antaranya telah teridentifikasi. Mereka adalah Ri Ji-hyon, 33; Hong Song-sac, 34; O Jong-gil, 55; Ri Jae-nam, 57; dan Ri Ji-un atau James, 30. Plus, seorang lelaki asal Korut yang bekerja di Malaysia juga diamankan dengan nama Ri Jong-chol, 47.

Selain Ji-un, sebut Khalid, empat tersangka lain terdeteksi sudah meninggalkan Malaysia pada hari terjadinya pembunuhan. Yakni pada Senin (13/2).

“Mereka telah sampai dengan selamat di Pyongyang pada 17 Februari. Rute yang mereka ambil adalah KL-Jakarta-Dubai-Vladivostok-Pyongyang,” kata sumber kepolisian Malaysia seperti dilansir JawaPos sesaat lalu.

Untuk menangkap mereka, Khalid menyatakan PDRM akan menggunakan jaringan Interpol untuk memburu empat tersangka yang sudah kabur meninggalkan Malaysia.

“Kami memang ada kerja sama dengan Interpol,” ungkapnya.(***)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment