HUT Kabupaten Samosir, Berharap Danau Toba Masuk Unesco

Danau Toba Masuk Unesco

Topmetro.News – Danau Toba masuk Unesco, diminta agar pemerintah setempat terutama daerah yang berdekatan dengan Danau Toba senantiasa menjaga kebersihan. Seluruh Pemkab se-kawasan Danau Toba untuk bersama merancang bagaimana membangun tempat pengolahan sampah terorganisasi.

Danau Toba Masuk Unesco Butuh Kerjasama yang Baik

Hal itu diharapkan Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara saat menghadiri perayaan puncak HUT ke-15 Kabupaten Samosir di Kantor Bupati Jalan Rianiate, Pangururan, Rabu (27/2/2019).

Wagub Musa menyebutkan kekompakan antara Bupati-Wakil Bupati Samosir merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi daerah.

“Tadi saya lihat Bupati dan Wakil Bupati waktu menghidupkan lilin, keduanya saling bantu agar tidak tertiup angin. Ini menandakan keduanya kompak. Karena tanpa itu, kita tidak bisa membangun Samosir jadi lebih baik,” kata Ijeck seperti dikutip Topmetro.News dari samosirnews.

Selanjutnya, Wagub yang akrab disapa Ijeck itu mengingatkan, Kabupaten Samosir harus bisa jauh lebih maju di masa mendatang.

“Kebersihan dan kenyamanan merupakan hal penting, sebab kawasan pariwisata memang harus mengedepankan keduanya,” imbuh Ijeck.

Jadi Negeri Indah Kepingan Surga

Dia menjelaskan, Kabupaten Samosir yang dikelilingi Danau Toba, merupakan Karunia Tuhan dengan istilah ‘Negeri Indah Kepingan Surga’.

Kemudian dia mengajak Pemkab se-kawasan Danau Toba untuk bersama merancang bagaimana membangun tempat pengolahan sampah terorganisasi.

“Mari kita doakan agar Danau Toba masuk Unesco, Pemprovsu pasti menopangnya,” pungkas dia.

Pada puncak perayaan Hari Jadi Samosir yang digelar selama tiga hari itu, Wagub bersama undangan lainnya dihadiahi ulos sebagai tanda penghormatan oleh tokoh adat setempat.

Sementara Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Wakil Gubernur yang dianggap menjadi pemimpin peduli dan perhatian ke daerah, khususnya Samosir.

“Apalagi saat ini Kabupaten Samosir menjadi sorotan dunia, baik dari segi keindahan pariwisata hingga dorongan untuk menggalakkan kebersihan,” ujar Bupati Rapidin.

Perayaan puncak HUT juga dihadiri DPRD Samosir, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Anggota DPR RI Jhony Allen Marbun, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kabiro Umum Pemprovsu Faisal, Dirut Bank Sumut Muhammad Budi Utomo, mantan Bupati Samosir Wilmar Simanjorang dan Mangindar Simbolon, mantan Wakil Ketua DPRD Lundak Sagala, Kadis Budpar Sumut Hidayati dan undangan lainnya.

Reporter: JEREMI TARAN

Related posts

Leave a Comment