Hari Ini, Pendaftaran UTBK Resmi Dibuka

Pendaftaran UTBK

Topmetro.News – Pendaftaran UTBK untuk para calon mahasiswa mulai bisa mendaftar. Untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada hari ini, Jumat 1 Maret 2019 sudah resmi dibuka. Pendaftaran UTBK ini dibuka selama sebulan ke depan hingga 1 April mendatang.

Pendaftaran UTBK Lewat Beberapa Jalur

Sekadar mengingatkan, penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada kampus negeri alias perguruan tinggi negeri (PTN) dibuka lewat beberapa jalur.

Jalur pertama, lewat Seleksi Nasional Masuk PTN alias SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Kedua, melalui Seleksi Bersama Masuk PTN atau SBMPTN. Nah, SBMPTN ini yang seleksinya berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Tak Cuma SBMPTN

Tapi ternyata, manfaat UTBK tak cuma untuk SBMPTN. Hasil UTBK juga bisa digunakan mengikuti ujian mandiri yang dihelat kampus-kampus negeri.

“Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK,” demikian dikutip dari laman LTMPT, Jumat (1/3/2019).

Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Adapun kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Sementara, kuota setiap Program Studi yang disiapkan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

baca juga: SISWA DAFTAR SNMPTN, PERINGKATNYA SUDAH DIUMUMKAN
Ravik Karsidi, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan, daftar siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibel untuk mendaftar SNMPTN diumumkan 4 Februari pukul 8.00 WIB – 15.00 WIB.

Related posts

Leave a Comment