You are here
Ini dia Perbedaan Wuling Cortez 1.8 C dan 1.8 L Otomotif 

Ini dia Perbedaan Wuling Cortez 1.8 C dan 1.8 L

Topmetro.News – Sukses meluncurkan dan memasarkan Wuling Confero dikelas LMPV, untuk memenuhi kebutuhan pasar di kelas MPV, PT SGMW Motor Indonesia kembali meluncurkan produk keduanya yaitu Wuling Cortez 1.8.

Wuling Cortez 1.8 Versi Rebadge

Wuling Cortez 1.8 ini merupakan versi rebadge dari Baojun 730. kali ini Wuling Cortez 1.8 hadir dengan 2 pilihan model yaitu Wuling Cortez 1.8 C dan Wuling Cortez 1.8 L. Kedua mobil tersebut mempunyai 5 pilihan varian.

Ke lima varian ini terdiri dari, Wuling Cortez 1.8 C 6MT dengan transmisi manual, Wuling Cortez 1.8 C i-AMT dengan transmisi matic, Wuling Cortez 1.8 C Lux + i-AMT dengan transmisi matic, Wuling Cortez 1.8 L Lux + 6MT transmisi dengan manual serta Wuling Cotez 1.8 L Lux + i-AMT juga dengan transmisi matic.

Mobil yang diperkenalkan ke publik pada 18 Desember 2017 silam di Sentul, Jawa Barat ini merupakan penantang baru yang akan berhadapan langsung dengan beberapa jenis mobil di kelasnya seperti, Kijang Innova Toyota Sienta dan Nissan Grand Livina.

Tawarkan Dua Varian Pilihan

Untuk pasar Indonesia, Wuling Cortez punya dua varian yang ditawarkan dengan mesin 1.800 cc yaitu Wuling Cortez 1.8 C dan 1.8 L, kedua varian ini merupakan seri tertinggi setelah varian Wuling Cortez 1.5 S dan 1.5 C yang pertamakali diperkenalkan di Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (19/4/2018).

Lalu apa saja sih perbedaan dari kedua varian itu?

Herryansyah, Reporter Topmetro.News di Medan akan membahas perbedaan Wuling Cortez 1.8 C dan 1.8 L dimaksud.

Perbedaan Wuling Cortez 1.8 C dan 1.8 L

Terkait harga memang 1.8 C berada di bawah 1.8 L, dari perbedaan harga itu tentunya akan berpengaruh kepada kelengkapan yang dimilikinya, namun begitu keduanya menggunakan mesin 1.800 cc yang sama dan sama-sama menggunakan transmisi 6 percepatan manual dan otomatis i-AMT.

Selain perbedaan harga ada juga beberpa perbedaan lainnya seperti:

1. Headlamp

Tipe 1.8 L keduanya sudah memakai projecor tapi menggunakan lampu LED, sehingga cahaya hyang di hasilkan lebih terang. Headlamp pada mobil ini juga sudah dilengkapi dengan autoleveling untuk mengatur ketinggian lampu.

Headlamp pada Wuling Cortez 1.8 C lampu dekat menggunakan lampu projector tapi masih bohlam, sedangkan lampu jauhnya sudah reflector tapi juga masih menggunakan bohlam.

2. List di Handle Pintu dan Kaca

List kaca pada tipe 1.8 L maupun handle pintu menggunakan aksen chrome, sehingga tampilan mobil ini menjadi lebih mewah. Sedangkan list kaca untuk tipe 1.8 C menggunakan warna hitam, begitu juga warna handel pintu sewarna dengan warna bodinya.

3. Brake Lamp

Lampu rem Wuling Cortez 1.8 C masih menggunakan bohlam, sedangkan pada Wuling Cortez 1.8 L sudah menggunakan full LED. dengan menggunakan lampu LED itu, cahaya yang dihasilkan menjadi lebih terang ketika pengereman (menghentikan kendaraan).

4. Elektrik Sunroof

Pada Wuling Cortez tipe 1.8 L sudah dilengkapi dengan sunroof yang menjadikan varian ini terlihat lebih mewah dibandingkan kompetitor-kompetitornya. Sedangkan pada tipe C belum dilengkapi sunroof elektrik.

5. Jok elektrik

Pengaturan maju mundur maupun recklaining pada Wuling Cortez 1.8 C masih menggunakan tuas manual layaknya low MPV dan belum dilengkapi dengan naik turun jok, sedangkan pada Wuling Cortez 1.8 L, jok sudah menggunakan sistem electric untuk pengaturan maju mundur jok maupun pada saat recklaining.

Jok pada varian ini juga sudah dilengkapi fitur menaikan atau menurunkan jok sesuai keinginan si pengemudi.

6. MID (Multi Information Display)

Fitur MID pada Wuling Cortez 1.8 L cukup lengkap dan besar dengan layar berwarna dan menu yang beragam Layar MID pada Wuling Cortez 1.8 L dapat menampilkan posisi gigi mobil. Sedangkan pada tipe 1.8 tidak bisa. Walaupun kedua tipe sama-sama memiliki fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS).

Versi 1.8 L juga dapat mengukur suhu ban. Untuk versi 1.8 C tidak bisa. Demikian juga suhu udara di luar mobil yang hanya dapat dideteksi melalui layar MID pada Cortez 1.8 L, sedangkan pada Cortez 1.8 C tidak bisa Untuk MID 1.8 c sangat simple untuk pengaturan menunya menggunakan sebuah tombol yang terdapat di layar MID di bawah speedo meter.

7. GPS Navigasi

Pada Wuling Cortez sudah dibekali audio double din touch screen. Perbedaan antara Wuling Cortez tipe C dan L adalah pada tipe 1.8 L sudah dilengkapi GPS navigasi sedangkan yang C belum.

8. Tombol pada Roda Kemudi

Tipe 1.8 C tombol yang ada di roda kemudi ada di belah kiri untuk menjawab telepon juga tombolnya ada di sebelah kiri. Sedangkan di sebelah kanannya kosong. Untuk 1.8 L tombol ada di kiri dan kanan untuk menjawab telepon tombolnya ada di sebelah kanan dan ada juga tombol untuk mengatur MID speedo meter.

9. Konsole Tengah

Pada wuling Cortez 1.8 c konsole tengah hanya ada dua tombol yaitu untuk parking back dan AVH dan tak punya lampu. Sementara konsol tengah 1.8 L ada lampunya dan ada 4 tombol ditambah sensor parkir dan pengaturan AC belakang. Tombol AC 1.8 C sama dengan 1.8 L namun untuk 1.8 C tidak ada aouto climer.

10. Air Bag

Wuling sudah membekali Wuling Cortez 1.8 C dengan 2 set air bag di baris depan tepatnya pada dashboard. Sedangkan tipe 1.8 L, Wuling melengkapinya dengan 4 set airbag selain di dasboard dan roda kemudi, lalu 2 tambahan pada jok depan sebelah kanan dan kirinya.

11. Sensor Wiper

Kelebihan Wuling Cortez 1.8 L ini dapat dilihat dari adanya sensor wiper yang berfungsi mengaktifkan wiper secara otomatis ketika sensor terkena percikan air.

Dengan sensor ini, kaca depan akan tetap bersih, pandangan pengemudi pun tidak akan terganggu. Sedangkan pada 1.8 C tidak ada.

12. Sensor Headlamp

Wuling Cortez 1.8 L memiliki fitur sensor headlamp yang bekerja untuk mengaktifkan lampu utama secara otomatis ketika cahaya di sekitar mobil tiba-tiba berkurang seperti pada saat mendung maupun pada saat memasuki ruangan yang gelap lainnya. Fitur satu ini memang sangat jarang dijumpai pada mobil jenis MPV lainnya. Sedangkan pada Wuling Cortez 1.8 C fitur ini tidak ada.

13. Suspensi

Wuling Cortez 1.8 C menggunakan suspensi semi independent, artinya roda depan Wuling Cortez masing-masing sudah berdiri. Sedangkan roda bagian belakang masih menyatu atau torsion Beam.

suspensi 1.8 L suspensi sudah independent jadi gerakan roda kiri dan kanan tidak menyatu. wuling cortez sudah menggunakan suspensi full independen yang berarti setiap rodanya sudah berdiri sendiri.

14. Sensor Parkir

Di sektor kenyamanan, Wuling Cortez tipe 1.8 L sudah dilengkapi sensor parkir, 2 titik sensor depan dan 4 titik sensor belakang.

Sensor ini akan membantu pengemudi ketika memarkirkan kendaraannya dengan lebih safety, sedangkan sensor parkir pada 1.8 C hanya terdapat 4 titik sensor belalang saja, Untuk bagian depan, tidak ada.

Demikianlah beberapa perbedaan dari Wuling Cortez 1.8 C dan 1.8 L semoga bermanfaat untuk Anda sebelum memutuskan membeli salah satu dari dua mobil itu.

baca juga: HONDA BRIO SATYA, KENALI TIPE, EKSTERIOR, INTERIOR DAN FITURNYA!

Seperti dilaporkan Topmetro.News sebelumnya, Honda Brio Satya, mobil yang satu ini dikategorikan sebagai mobil jenis LCGC, karena ramah lingkungan. Dengan bodinya yang mungil dan sporty serta dibandrol dengan harga murah dari tipe Honda lainnya, maka tidak heran saat pertama kali dipasarkan tahun 2013 silam, bak ‘kacang goreng’ mobil ini laris manis terjual.

Walau murah, namun Honda Brio Satya memiliki kualitas yang bagus dan dilengkapi fitur–fitur yang lebih komplit dibanding jenis LCGC umumnya. Jadi kalau harganya sedikit agak mahal jika dibanding dengan LCGC lainnya. Tampilan eksteriornya juga tampak lebih keren dan menarik.

Reporter : Herryansyah

888 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment