Bupati Sergai Komitmen Perbaiki Sungai “Sakit”

Bupati Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai (Serdang Bedagai) Ir H Soekirman mengatakan penting menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas sungai, sebab sungai merupakan sumber kehidupan.

Hal ini disampaikannya pada Kongres Sungai Indonesia (KSI) di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graja Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019).

Sungai Dalam Kondisi “Sakit”

Menurut Soekirman, kondisi sungai di Kabupaten Sergai saat ini dalam kondisi “Sakit”. Di era tahun 1970-an, sungai terdapat 23 spesies ikan. Namun seiring perkembangannya, saat ini hanya tingal 7 spesies.

“Beginilah kondisinya, banyak spesies ikan hilang karena sungai rusak,” terang Bupati Sergai.

Hal ini tentnya tak terlepas dari kewenangan daerah. Sesuai UU No 23 tahun 2014, kewenangan sungai berada di Porpinsi dan pemerintah pusat, sehingga penanganan dan pengawasan sungai minin dan terpinggirkan.

Galian C

“Aktivitas penambang galian C (pasir sungai) yang dikeluarkan provinsi tidak disertai dengan pengawasan yang ketat, akibatnya banyak sungai sungai yang rusak baik morfologi maupun estetikanya,” pungkas Bupati Sergai.

Soekirman berharap, ke depan perlu diperkuat pengawasan sungai, mengingat adanya oknum yang bermain dan tak bertanggungjawab terhadap persoalan lingkungan, khususnya sungai.

Perlu Komitmen

Bupati Sergai menambahkan, untuk memperbaiki ini semua perlu adanya komitmen bersama baik dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah serta masyarakat itu sendiri.

Kongres Sungai Indonesia tahun 2019 dihadiri Asisten Deputi Lingkungan Hidup Yuli Hartono, mewakili Gubernur DKI Jakarta, para Kepala Daerah serta relawan pecinta sungai.

Menjadi Pembicara

Bupati Sergai I H Soekirman diundang menjadi salah satu pembicara, karena dianggap peduli atas lingkungan. KSI Tahun 2019 dengan tema “Sungai sebagai pusat peradaban bagi peningkatan kualitas hidup manusia” dibuka Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimun didampingi Dirjen SDA Kementrian PU PR Hari Suprayogi.

Reporter: Dina

Related posts

Leave a Comment