You are here
Biaya Rp1 Miliar per siswa , Ini 5 Sekolah Termahal di Dunia Life style 

Biaya Rp1 Miliar per siswa , Ini 5 Sekolah Termahal di Dunia

TOPMETRO.NEWS – Semua orang wajib mengenyam pendidikan. Namun bagaimana jika menuntut ilmu di sekolah termahal di dunia ini. Bayangkan saja, untuk satu tahun pertamanya, uang yang dihabiskan bisa mencapai Rp 1 Miliar per satu siswa.

Nah, kalau tiga tahun belajar, maka sudah tahu dong berapa biayanya?

Memang, deretan sekolah di bawah ini nggak sembarangan memilih siswanya. Nggak heran, beberapa di antaranya sudah menentukan batas jumlah siswa di sekolah tersebut untuk kemudian dibagi lagi dalam kelas-kelas yang produktif.

Selain punya fasilitas yang mumpuni, sekoah termahal di dunia ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan sekolah-sekolah umum lainnya.

Makanya, jangan sampai tinggal kelas, deh! Soalnya bisa rugi semiliar. Nggak percaya, nih intip sekolah-sekolah termahal di dunia, dikutip Grid.ID dari laman HAI-Online.com yang diurutkan dari yang paling murah sampai yang paling mahal.

1. Eton College di Inggris
Untuk menuntut ilmu di Eton College di Inggris, biaya yang harus kamu persiapkan adalah setengah miliar untuk setahun pertama. Biaya sekolah di Eton College ini termasuk yang paling murah jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah paling mahal di dunia lainnya, yaitu secara pasti biaya tahunan sekolah digabungkan dengan asrama mencapai US $62.654 (Rp 595.526.270).

Ada yang bilang semakin tua bangunan sekolah, semakin mahal nilainya dan terutama biaya perawatannya. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1440 silam. Terletak di Windsor, Inggris, Eton College adalah sekolah khusus cowok yang jumlah siswanya sudah lebih dari 1.300 siswa.

Masuk ke Eton College, kamu wajib berjenis kelamin laki-laki dan berusia mulai dari 13-18 tahun. Yang seru, para siswa di sekolah ini belajar dengan menggunakan dua bahasa modern yaitu bahasa Inggris dan Bahasa Latin sebagai bahasa utamanya.

2. Middlesex School, Amerika Serikat
Dari sekolah di Inggris kita melipir ke negeri Paman Sam. Nah, sekolah di Middlesex School di Amerika Serikat ini, biaya tahunan sekolah dan asramanya bisa mencapai US$ 62.784 (Rp 596.761.920) per siswa. Beda tipis kan sama Eton College di Inggris.

Namun untuk siswa regular Middlesex School tanpa tinggal di asrama, biaya tahunannya bisa mencapai US$ 50.210 (Rp 477.246.050). Sekolah ini terletak di Concord, Massachusetts, Amerika Serikat, dan sudah didirikan sejak tahun 1901. Sekolah ini cuma menerima 375 siswa dari kelas 9 sampai kelas 12.

Dengan biaya tersebut di atas, Middlesex menawarkan ekstrakurikuler berupa 29 jenis olahraga yang bisa diikuti oleh para murid. Oh iya, sekolah ini juga memiliki 40 siswa internasional dari 18 negara.

3. Lawrence Academy, US
Masih dalam satu wilayah dengan sekolah Middlesex, Lawrence Academy di Groton, Massachusetts, Amerika Serikat ini juga punya dua paket biaya tahunan.

Yang pertama adalah biaya sekolah dan asrama yang jika digabungkan bisa mencapai US$ 65.685 (Rp 624.335.925) per tahun per satu orang siswa. Adapun, yang kedua biaya tahunan untuk siswa regular adalah US$ 50.544 (Rp 480.420.720).

Sekolah yang berdiri pada tahun 1793 ini hanya menerima 400 siswa yang dibagi untuk kelas 9 sampai 12. Dengan biaya yang segitu, kampus ini menawarkan pengalaman belajar yang nggak biasa, antara lain naik kereta anjing di Minnesota dan mempelajari kelelawar di hutan hujan Australia.

4. Collège Alpin International Beau Soleil, Swiss
Menuntut ilmu ke sekolah yang letaknya dekat kutub-kutub bumi, Collège Alpin International Beau Soleil di Swiss adalah pilihan yang tepat. Hanya saja, meski di ujung bumi, biaya tahunan sekolah dan asrama di sini bisa mencapai US$ 116.234 (Rp 1.104.804.170) untuk satu siswa lho!

Nggak akan menyesal membayar mahal Sekolah Collège Alpin International Beau Soleil terletak di Villars-sur-Ollon, Swiss dan sudah berdiri sejak 1910. Kampus ini memiliki pemandangan pegunungan Alpen Perancis yang indah dan juga memiliki tempat-tempat tujuan ekspedisi yang menyenangkan, salah satunya Madagaskar.

Kampus ini hanya memiliki 180 siswa yang berasal dari berbagai bangsa. Begitu beragamnya, persentase kebangsaan siswa yang ada di sekolah itu jumlahnya masing-masing tidak lebih dari 10%.

Hmm, adakah siswa berkebangsaan Indonesia? Mungkin kamu bisa jadi yang pertama kalau mendaftar ke sini? Who knows?

5. Institut Le Rosey, Swiss
Last but not least, inilah sekolah paling mahal di dunia nomor wahid, Institut Le Rosey di Swiss juga. Pasalnya, biaya tahunan sekolah dan asrama ini mencapai US$ 124.165 (Rp 1.180.188.325) per siswanya.

Institut Le Rosey didirikan pada tahun 1880 di Rolle, Swiss. Sekolah ini memiliki 400 siswa aja. Bangunan kampus yang berdiri di atas lahan yang luasnya hampir 70 hektar ini menawarkan banyak fasilitas antara lain 10 lapangan tenis, kawasan berkuda dan taman skateboard.

Oh iya, siswa di sini belajar dengan menggunakan empat bahasa pengantar. Kalau melihat alumninya, sekolah ini punya lulusan-lulusan dari kalangan para raja dan bangsawan.(TMN)

1.554 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment