You are here
Harga Ikan Tuna Bisa Lebih Mahal dari Lamborghini di Jepang, Percaya? Life style 

Harga Ikan Tuna Bisa Lebih Mahal dari Lamborghini di Jepang, Percaya?

Topmetro.News – Harga ikan Tuna seekor, mungkin Anda tak percaya bisa lebih mahal dibanding sebuah mobil sport Lamborghini. Tapi ini fakta! Seperti yang terjadi di pasar ikan terbesar Toyosu, di Jepang (5/1/2019) sila, harga ikan tuna itu laku terjual dengan harga 333,6 juta yen atau sekitar Rp 44,9 miliar (kurs Rupiah setara Rp 14.400/Dolar AS).

harga ikan tuna1

Harga Ikan Tuna Termahal Dibeli Pengusaha Restoran

Belakangan diketahui, ikan tuna sirip biru seberat 306 kilogram ini dibeli Kimura Kiyoshi, seorang pengusaha yang menjalankan bisnis restoran Sushizanmi di seluruh Jepang.

Ikan termahal di dunia ini nantinya akan disajikan di outlet Sushizanmai di Tsukiji, dengan harga 200 Dolar AS (2,9 juta) per sajian.

“Saya telah membeli seekor tuna yang bagus. Harganya memang lebih tinggi dari perkiraan semula, tapi saya berharap pelanggan kami dapat menikmati tuna yang luar biasa ini.” Kata Kimura Kiyoshi seperti disiarkan AFP.

Namun pertanyaannya kenapa ikan Tuna yang biasa kita beli dengan harga hanya 45.000-55.000 per kilogram di Indonesia, sementara di Jepang bisa lebih dari 1 juta per Kg? Bahkan untuk seekor Tuna sirip biru bisa lebih mahal daripada harga sebuah mobil Lamborghini?

harga ikan tuna2

Tekstur Daging Lembut, Jadi Ajang Promosi

Sebenarnya mahal tidaknya ikan tuna tergantung di mana Anda membeli dan bagian mana dari ikan yang Anda makan.

Harganya yang mahal memang wajar. Salah satu keunggulan tuna sirip biru adalah tekstur dagingnya yang lembut serta kandungan protein yang cukup tinggi.

Kalau di Jepang kebanyakan peserta yang mengikuti lelang justru pengusaha restoran sushi. Mereka berani membeli dengan harga mahal karena selain sebagai ajang promosi restoran, tujuannya juga untuk menyajikan sushi dan sashimi dengan kualitas tuna nomer wahid. Yang tentunya promo resto mereka akan diliput di seluruh dunia.

harga ikan tuna3

Termasuk Bangsa Thunnini

Sekadar diketahui, Tuna merupakan ikan laut pelagik yang termasuk bangsa Thunnini. Ikan jenis ini terdiri dari beberapa spesies dari famili skombrid, terutama genus Thunnus.

Ikan Tuna jadi perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Daging ikan tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya.

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi dan disukai karena rasanya yang lezat serta kandungan gizinya yang tinggi. Harganya yang mahal dianggap sepadan dengan manfaat yang dapat diperoleh.

Ikan tuna memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega 3. Nutrisi ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk menurunkan kolesterol jahat dan resiko penyakit jantung. Tidak mengherankan apabila harga ikan tuna di Jepang sangat tinggi, tetapi tetap digemari karena kandungan gizi di dalamnya.

harga ikan tuna4

Penyebab Mahalnya Ikan Tuna di Jepang

Untuk menjawab pertanyaan itu, Derek Wilcox, koki di Shoji di New York, dalam sebuah Narasi sebagaimana dikutip dari Businessinsider.com, dengan judul ‘Seekor ikan di Jepang baru dijual dengan rekor 3 juta Dolar AS – inilah sebabnya tuna sirip biru sangat mahal’. Akan menerangkan seputar alasan lain, kenapa harga ikan tuna di Jepang tersebut sangat mahal.

Sekadar diketahui, Derek Wilcox adalah koki di Shoji, sebuah restoran Jepang di New York.

Dia dilatih di Jepang dan bekerja di sana selama lebih dari 10 tahun. Restoran seperti Shoji menyajikan tuna sirip biru mentah, atau yang disebut kuro maguro dalam bahasa Jepang.

harga ikan tuna5

Beda ikan Tuna Segar dengan Kaleng

Tahun 2013 silam, seekor tuna seberat 489 pound terjual dengan harga 1,8 juta Dolar AS. Tapi Anda bisa membeli sekaleng ikan tuna di toko grosir dengan harga di bawah 2 Dolar AS. Jadi, apa bedanya?

Sebenarnya ikan tuna yang dikalengkan itu bukan ikan yang sama. Tuna kalengan biasanya berasal dari albacore. Mereka kecil, tumbuh cepat dan berlimpah untuk memancing.
Dan mereka tentu saja tidak memiliki berat 489 pound. Hanya ada satu jenis tuna di dunia yang menumbuhkan tuna sirip biru besar itu. Dan jika Anda ingin mencoba, itu akan dikenakan biaya.

”Kita bisa membeli tuna dari Jepang yang harus kita kenakan biaya mungkin $ 80 untuk satu potong otoro. Mereka mendapatkan tuna dari sejumlah sumber berbeda, termasuk pasar ikan Tsukiji Jepang. Ada beberapa jenis tuna yang berbeda, tetapi sirip biru adalah yang paling mungkin Anda temukan di restoran sushi kelas atas,” kata Derek Wilcox.

Menurutnya, Bluefin yang paling dicari. Hanya sirip biru yang memiliki kelereng yang kuat. Bluefin juga, ketika sudah berumur dengan benar, memiliki keseimbangan rasa tertentu.

harga ikan tuna6

Harga Ikan Sirip Biru Bervariasi

Seekor sirip biru dewasa yang besar dapat memiliki berat sekitar 450 pon atau lebih, dan harga ikan bervariasi berdasarkan sejumlah faktor yang berbeda.

”Itu sepenuhnya tergantung dari mana Anda mendapatkannya, tetapi tidak pernah murah. Sirip biru lokal di pantai timur akan beroperasi di mana saja antara 20 Dolar AS dan 40 Dolar AS per pon. Anda bisa membayar utara 200 Dolar AS per pon untuk sirip biru dari Jepang,” kata Wilcox.

Menurut Wilcox, tuna dari Jepang lebih baik daripada tuna Amerika selama musim dingin. Sementara tuna Boston paling baik selama musim panas dan musim gugur. Tapi tuna yang berasal dari Oma di Jepang yang secara luas dianggap sebagai yang terbaik di dunia.

Lewati Proses Panjang

Narator: Selain kandungan lemaknya yang unggul, alasan lain mengapa ikan lebih mahal dari Jepang adalah karena ia harus melakukan perjalanan lebih jauh, dan ia melewati proses yang agak panjang sebelum sampai ke piring Anda.

Wilcox: Masih banyak tangan yang dilewati di Jepang, yang belum tentu merupakan hal yang buruk.

Narator: Wilcox mengatakan ikan itu juga ditangani lebih baik di Jepang daripada di AS. Jadi ada lebih sedikit kerusakan dan pemotongan yang lebih tepat.

Wilcox: Kami mendapat seperti sirip biru Boston, mulai dari nelayan, ke distributor, ke pintu kami. Sedangkan di Jepang, itu beralih dari nelayan, biasanya ke kolektif atau koperasi, ke pemerintah yang menjalankan pelelangan, ke pedagang grosir menengah, ke pedagang grosir akhir, ke restoran atau hotel.

Semua ikan kelas atas dilelang di Jepang. Ikan yang banyak dicari, ditangkap di tempat yang lebih baik, ditangani dengan lebih baik, jelas kualitasnya lebih baik dengan harga lebih tinggi, dan nelayan akan mendapatkan uang lebih banyak.

Isyarat Simbolik atau Publisitas

Narator: Lelang pertama tahun ini di Jepang adalah ketika Anda akan melihat harga ikan yang sangat tinggi. Sebagian besar sebagai isyarat simbolik, atau aksi publisitas. Itulah sebabnya mengapa 489 pon tuna dijual seharga 1,8 Dolar AS juta pada 2013. Dan ikan pertama tahun 2018 dijual seharga 323.000 Dolar AS.

Wilcox: Dalam budaya Jepang, hal pertama yang Anda lakukan sepanjang tahun adalah yang paling penting. Ini menentukan nada sepanjang tahun. Tuna pertama dari tahun itu selalu berlaku untuk harga tertinggi yang ada pada tuna sepanjang tahun ini.

Narator: Dan bagian yang berbeda dari tuna sirip biru juga sangat bervariasi harganya.

Wilcox: Jika Anda membayangkan seekor tuna seperti torpedo, mereka akan membaginya menjadi empat bagian memanjang, memotong kepala, dan kerahnya, dan kami akan mengambil salah satu dari dua bagian perut tersebut.

Filet Bagian Paling Mahal

Narator: Beginilah seperempat bentuknya ketika dikirimkan. Potongan ini berasal dari Boston, dan ditangkap hari sebelumnya. Wilcox membagi daging berdasarkan jenisnya.

Wilcox: Sama seperti sisi daging sapi. Anda tahu, Anda membeli satu sisi daging sapi, semuanya tetap sama, tetapi begitu Anda menguraikannya, filet itu akhirnya menjadi bagian yang paling mahal, karena itu yang paling diinginkan. Ini juga kecil, dan membutuhkan banyak tenaga untuk mengupas kulit perak. Otoro adalah bagian tuna yang paling gemuk di luar area kepala dan kerah.

Narator: Ini yang paling mahal. Dan tergantung dari mana asalnya, dan di mana ikan itu dibesarkan, harganya bisa bervariasi mulai dari 10 Dolar AS per potong hingga ke atas 80 Dolar AS.

Wilcox: chutoro bergerak ke sisi tuna, dan tidak memiliki lemak, tetapi masih memiliki lemak di dalam warna merah daging sehingga Anda mendapatkan campuran lemak dan merah. Akami yang berarti, secara harfiah, daging merah dalam bahasa Jepang, adalah bagian paling ramping yang Anda temukan lebih ke arah tengah tuna lebih dekat ke tulang punggung.

Bagian Termurah Ikan Tuna

Narator: Akami adalah bagian yang paling umum dan termurah dari ikan, tetapi masih lebih mahal daripada yang kaleng dari albacore di pasar lokal Anda.

Wilcox: Ketika Anda menilai kualitas tuna, Anda ingin mencicipi daging merah, akami. Itu adalah hewan liar, jadi ia memberi tahu Anda apakah ia memiliki pola makan yang baik, apakah ia memiliki kehidupan yang baik, dan ia berolahraga, dan ia hidup di perairan yang bersih, dan dapat sering berenang di sekitarnya.

Jadi, tuna yang dipelihara di pertanian, biasanya, adalah sarden yang dicekok paksa, dan Anda dapat benar-benar merasakan sarden dalam lemak tuna yang dipelihara di peternakan. Sedangkan tuna liar memiliki pola makan yang bervariasi dan memiliki rasa yang jauh lebih bersih dan lebih lembut terhadap lemak.

Narator: Tetapi selama beberapa dekade, tuna sirip biru liar ditangkap secara berlebihan di Pasifik, yang membahayakan populasi mereka dan membuatnya lebih sulit didapat. Namun, baru-baru ini kontrol yang lebih ketat pada penangkapan ikan telah menyebabkan kebangkitan populasi.

Tetapi mereka masih bisa lebih baik, kata Wilcox. Faktanya, Wilcox menghindari sirip biru Pasifik yang bukan dari Jepang, dan mengatakan Anda harus melakukannya juga.

Wilcox: Jika Anda makan sirip biru Pasifik, tidak khusus dari Jepang, maka itu benar-benar tak bertanggungjawab!

Reporter | Herryansyah

558 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment