Ini 3 Penyebab Jamur Kuku dan Cara Jitu Mengatasinya

TOPMETRO.NEWS – Belum banyak yang mengetahui kalau ada jamur kuku. Jamur kuku atau yang secara medis disebut onikomikosis ini bisa dikenali dengan munculnya bintik putih atau kuning di ujung kuku yang akan menyebar ke permukaan kuku lainnya. Seperti dilansir dari hindi.boldsky.comJika menyebar, kuku bakal berubah warna, terlihat lebih kusam, menebal dan tekstur ujung kuku terlihat hancur. Sebelum terlambat, coba ketahui 3 penyebab jamur kuku dan ikuti cara yang tepat untuk mengatasinya!

Kondisi Yang Lembap
Jamur kuku lebih sering muncul di kuku kaki daripada kuku tangan. Ini dikarenakan jari kaki yang hampir selalu berada di kondisi yang lebih lembap, hangat dan gelap karena pemakaian alas kaki tertutup setiap hari. Tentunya, inimemudahkan jamur untuk tumbuh di kuku kaki. Apalagi kalau kita malas mencuci kaki setiap hari saat habis beraktivitas.

Sepatu Terlalu Kecil
Jangan pernah memaksa beli sepatu yang kekecilan hanya karena gemas dengan model sepatunya, ya! Selain nggak nyaman untuk dipakai, sepatu yang terlalu kecil/sempit akan membuat kaki lebih berkeringat sehingga bisa menyebabkan timbulnya jamur kuku.

Kerusakan Kuku & Kulit Sekitarnya Yang Dibiarkan
Pernah tersandung meja atau kaki tempat tidur yang menyebabkan kuku patah berlebihan dan luka di kulit sekitar kuku? Walaupun mungkin sakitnya hanya sesaat, hal ini nggak boleh kita biarkan ,lho. Kuku maupun kulit sekitarnya yang rusak dan terluka akan rentan terhadap infeksi jamur kuku. Segera bersihkan dengan antiseptic setelahnya!

Kita bisa mencoba mengatasi jamur kuku dengan cara yang natural, yaitu campurkan sari cuka apel (apple cider vinegar) dengan air hangat dalam ember kecil/baskom. Lalu, rendam kaki dalam campuran tersebut selama setengah jam. Bisa juga dengan menghaluskan bawang putih dan campur bersama beberapa tetes minyak zaitun. Tempelkan di permukaan kuku yang terinfeksi jamur dengan bantuan kapas. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas bersih. Untuk kita yang anti ribet, sekarang ada salep/krim anti jamur yang bisa kita temukan di drug store terdekat.(TMN)

Related posts

Leave a Comment