Gubsu Canangkan Gerakan ”Nabung Sampah”

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi M.Si mencanangkan Gerakan Nabung Sampah Jalan DI Panjaitan Taman Kota-Tebingtinggi, Senin (27/2).

Gubernur menyampaikan dari 33 Kabupaten/kota, 25 Kabupaten dan 8 Kota Se Sumut hanya Kota Tebing Tinggi yang memperingati HPSN 2017.

”Hal inilah yang membuat saya harus hadir memberikan apresiasi dalam acara ini karena sangat penting, menyangkut  persoalan sampah hingga saat ini terus menjadi pusat perhatian.”

”Bukan hanya Pemerintah Pusat tapi juga komunitas dan pihak swasta yang peduli dengan lingkungan, karena target tahun 2020 kita sudah bebas dari yang namanya persoalan sampah namun bukan berarti kita tidak ada sampah pada tahun tersebut tapi kita lebih lagi ke pengolahan sampah yang lebih baik lagi.”jelasnya

Kegiatan ini, kata dia, dilaksanakan karena beberapa tahun lalu di Bandung ada ratusan orang yang meninggal dunia karena tertimbun sampah.

”Oleh karena itu menyebabkan negara Indonesia menjadi negara terbesar ke dua di dunia setelah cina yang membuang sampah ke laut, terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai.”

Sebelumnya tokoh masyarakat Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan kepada seluruh masyarakat Kota Tebing Tinggi jangan lagi sampah dijadikan beban atau masalah.

”Karena sekarang kita sudah memiliki yang namanya Bank Sampah, sampah sudah laku dijual dan sampah tidak lagi menjadi sumber masalah namun menjadi sumber pendapatan kita.”

”Kedepannya kita akan mengajak Kabupaten Sergai untuk bekerja sama dalam pengolahan sampah agar sampah ini bisa kita manfaatkan menjadi energi listrik dan pupuk kompos dengan skala besar, dan dapat dimanfaatkan kedua daerah,“ jelas Umar.(edi)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment