Pasokan Cabai Bawang Selama Puasa dan Lebaran Mencukupi

bawang merah dan cabai

topmetro.news – Kementerian Pertanian memastikan pasokan cabai dan bawang merah dari beberapa daerah penghasil guna memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini mencukupi. Demikian juga harga kedua komoditi ini diprediksi kembali normal.

“Dua komoditas hortikultura, cabai dan bawang merah, kami jamin aman, sangat mencukupi,” kata Direktur Jenderal Hortikultura Kemtan Suwandi di sela-sela pertemuan pengamanan pasokan dan stabilisasi cabe dan bawang menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2019 di Bogor, Jumat (26/4/2019).

Dalam keterangannya disebutkan acara itu dihadiri para petani dan petugas dinas sentra utama produksi cabai dan bawang.

Dikatakan, situasi ini bertepatan dengan panen raya bawang merah dan cabai di sentra-sentra besar pada Mei – Juni 2019. Inilah yang menjadi faktor utama penyebab kepastian pasokan dan harga kedua komoditas tersebut.

BACA | Proyeksi Ekonomi Triwulan I Ditargetkan Tumbuh 5,1 Persen

Pasokan Bawang Merah

Suwandi menuturkan pasokan bawang merah saat ini kembali normal. Harga di pasar induk sudah di bawah Rp 20 ribu per kilogram dan sentra-sentra besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan hingga Bima saat ini sudah memasuki panen.

“Pasokan dan harga di Pasar Induk juga terpantau normal. Trend pasokan dan harga stabil ini akan terus berlanjut sampai lebaran nanti. Cabai rawit dan keriting pun sangat aman,” tambahnya.

Terkait pasokan bawang putih, Suwandi memastikan segera terisi dari impor. Kemtan sudah terbitkan rekomendasi impornya yang kemudian disusul dengan terbitnya ijin impor dari Kemdag, jumlahnya sekitar 115 ribu ton.

“Kemtan bersama dengan Kemdag kompak memastikan pasokan segera normal seiring dengan mulai diterbitkannya Surat Persetujuan Impor kepada beberapa importir,” jelas dia.

Dengan demikian, pasokan cukup untuk kebutuhan puasa dan Lebaran nanti. Surat rekomendasi impor berikutnya juga akan segera menyusul.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment